Idul Adha di Binduriang : Warga Yang Ramah dan Penuh Kekeluargaan

Curup, BM – Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) STAIN Curup Kelompok 7 yang beranggotakan 12 orang yaitu, A. Habibullah, Ance Onasis, Bambang Herianto, Dian Tri Utami, Edi Handoko, Ilhamzah Kurniawan, Miki Saputri, Novi Nurlia, Tri Akhiri, Ria Evi Susanti, Riki Z, Satya Graha Aulia, dan Yeni Apriana. Kelompok ini ditempatkan oleh pihak STAIN Curup di Desa Taba Padang Kecamatan Binduriang, Kabupaten Rejang Lebong. Walaupun ditempatkan di daerah yang rumornya texas akan tindak kriminalitas mereka tetap mensyukurinya dan merasa senang tinggal di daerah tersebut.

20160912_1056211-min
Warga Desa Taba Padang Yang Ramah

Selain itu, saat pelaksanaan hari raya Idul Adha ada yang berbeda dari mereka pada tahun ini, biasanya mereka merayakan Idul Adha bersama keluarganya akan tetapi, untuk saat ini mereka melaksanakan Idul Adha di desa tersebut, pasalnya mereka ingin mengetahui bagaimana adat dan tradisi merayakan hari raya kurban di desa lembak. Mereka melaksanakan sholat Idul Adha bersama warga desa dengan penuh khidmat, usai melaksanakan sholat Idul Adha mereka langsung diajak warga untuk melaksanakan silahturahmi ke rumah-rumah warga.

20160912_110043-min
Foto Bersama Kades Desa Taba Padang

“Kami sangat senang merayakan hari Raya Idul Kurban di daerah yang katanya “texas”, orang hanya mengetahui lembak dari media saja, orang banyak tidak mengetahui bagaimana lembak itu secara langsung. Disini kami merasa nyaman dengan masyarakat yang ramah dan rasa kekeluargaan yang sudah lama kami tidak dirasakan lagi seperti di daerah perkotaan saat ini. Adat disini juga berbeda dari adat yang biasa kami kenal. Tapi sayang disini agak kurang dari perhatian pemerintah,” ujar Ketua Kelompok 7 KPM STAIN Curup Desa Taba Padang. (HBLL)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *