Reaktualisasi Peran HMI Untuk Labuhanbatu Raya Yang Berkemajuan

Labuhanbatu Raya-Sumut, BM – Pada kekinian dalam dinamika politik suatu daerah sudah pasti tentunya berdampak pada maju-mundurnya suatu daerah, dengan demikian HMI Labuhanbatu Raya yang menaungi dari 3 kabupaten yaitu, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, dan  Labuhanbatu Utara memposisikan menjadi penengah dan penyeimbang dalam kondisi seperti ini karena kita sebagai kader himpunan yang berfungsi sebagai kader ummat dan kader bangsa.

Labuhanbatu Raya yang kaya dengan sumber daya alam sungguh ironis ketika ini tidak mampu untuk dijadikan produktif yang mampu mendongkrak kemajuan masyarakat dan kemajuan daerah dalam potensi pembangunan. Kemiskinan adalah salah satu dampak yang mengakibatkan epatisnya masyarakat untuk menuntut jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta kurang peduli terhadap kekayaan alam sehingga tidak ada keahlian dalam mengelolah SDA.

Tantangan saat ini adalah butuhnya agent-agent perubahan sehingga, kami yakin bahwa HMI kedepan mampu mereaktualisasikan peran HMI untuk Labuhanbatu Raya yang berkemajuan. Dengan konsep 3 kualitas cita yaitu pertama konsep Akademis, saat ini HMI Labuhanbatu Raya yang memiliki ribuan kader yang beraktivitas dikampus akan mentransformasikan keakademisan ketengah-tengah masyarakat, yang kedua konsep Pencipta, dalam hal ini melalui jajaran pengurus yang foksi masing-masing memiliki potensi bagaimana mampu menciptakan peluang bagi pelajar yang tidak memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi ( Desa Binaan ).

Selain itu, menciptakan jiwa kewirausahaan melalui usaha-usaha kecil hingga menengah inilah, mampu menciptakan lapangan kerja dan hasil dari keuntungannya dapat kita berikan kepada adik-adik yang belum memiliki kesempatan untuk bersekolah dan lain-lainya. Dan yang ketiga yaitu konsep Pengabdi, pengabdian adalah aksi nyata dalam pembangunan, karena langsung menyentuh masyarakat, dalam bentuk pengadvokasian terhadap masyarakat lemah.

Tak hanya itu, kita juga masuk ke kelompok pengajian ibu-ibu majelis taklim, pengajian bapak-bapak dan pengajian anak-anak remaja. Kader HMI kita kirim untuk sebagai pembicara (ustadz/ustadzah), ini sudah bisa menjadi keterwakilan responden masyarakat Labuhanbatu Raya untuk menjawab permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Potensi yang lain HMI juga akan memberikan kritikan dan solusi terhadap kebijakan Pemerintah Daerah yang tidak pro terhadap kepentingan masyarakat banyak, hal tersebut kita salurkan melalui Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LPMI).

Selain itu, Untuk merevitalisasi karakter yang saat ini berada dalam pertanyaan sehingga generasi anak bangsa banyak terlena dalam tantangan zaman seperti, Narkoba, Pergaulan Bebas, dan Akhlak, kita percaya dengan Lembaga Dakwah Mahasiswa Islam (LDMI) mampu menetralisir dan menanamkan karakter yang memiliki nilai nilai keislaman dan keindonesian. Dalam konsep ini Insya Allah saya percaya bahwa kedepan Labuhanbatu Raya yang berkemajuan karena bersinergi dengan tujuan pemerintah saat ini yaitu membangun negeri dari desa. Kita beraksi dari desa, menyentuh masyarakat dan menyentuh generasi muda yang akan menjadi generasi pemimpin kedepan.

Ditulis Oleh: Ilham Fadli

Lahir, dirantauprapat 01 Agustus 1990

Jabatan: Sekretaris Umum Cabang HMI Labuhan Batu Raya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *