Perwira : Media Online Jadi Salah Satu Solusi Pasarkan Produk UKM di Bengkulu

Bengkulu, BM – Dalam agenda pengukuhan pengurus DPD Perwira Provinsi Bengkulu yang baru masa bakti 2016-2021, sebanyak 58 orang dikukuhkan langsung oleh Ketua Umum DPP Perwira, Elza Syarief di Gedung Serba Guna Pemprov Bengkulu.

Hadir dalam acara tersebut Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Bengkulu, Iskandar ZO, selain itu juga hadir perwakilan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) RI serta dari perwakilan Bank BRI Bengkulu.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Bengkulu,  Iskandar ZO berharap, dengan kehadiran Perwira ini dapat menjadi mitra Pemerintah Bengkulu dalam menumbuhkembangkan UKM di Provinsi Bengkulu, sehingga Produk UKM Bengkulu dapat menembus pasar dunia.

“Kita harap, hadirnya Perwira di Bengkulu ini, mampu membangkitkan UKM di Provinsi Bengkulu sehingga mampu menguasai pasar,” sampainya, saat usai menghadiri acara  pengukuhan DPD Perwira, Kamis (15/12/2016).

Lebih lanjut Iskandar menambahkan, untuk mampu bersaing dengan produk lainnya dan menembus pasar dunia, produk UKM kita tersebut harus gencar di pasarkan, salah satunya dengan cara media online, yang dapat menjangkau hingga ke berbagai Negara dengan biaya yang murah.

“Untuk Permasalahan pemasaran bisa diatasi dengan semua sistem  ilmu dan tekhnologi, seperti  cara online, dengan biaya yang murah,” sebutnya.

Selain itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perkumpulan Perempuan Wira Usaha (Perwira) Provinsi Bengkulu, Nany B. Sulistyo menyampaikan, hadirnya Perwira di Bengkulu ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan usaha kecil dan menengah yang ada di Provinsi Bengkulu.

Untuk itulah, dirinya bertekad, sesuai dengan Anggaran Dasar Perwira yang ingin menciptakan UKM  di Provinsi Bengkulu lebih banyak lagi.

“Kami bertekad untuk menciptakan UKM yang lebih banyak lagi di Provinsi Bengkulu,” sampainya, usai melaksanakan acara pengukuhan pengurus DPD Perwira.

Guna mewujud hal tersebut,  pihaknya saat ini telah menggandeng Bank BRI untuk memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR)  dengan bunga yang ringan,  di mana Kemenkop UKM memberikan subsidi bunga KUR sebesar 2 persen, yang semulanya dari 9 persen menjadii 7 persen, hingga non bunga bank.

“Bahkan, untuk bantuan kredit dengan pinjaman di bawah Rp 25 juta, akan disubsidi dengan  tanpa bunga bank,” ungkapnya.

Terkait dengan hal tersebut, Ketua  Umum DPP Perwira, Elza Syarief menerangkan,  untuk dapat bersaing dengan produk luar, pihaknya akan  meningkatkan standar  produk UKM dulu, dengan memberikan pelatihan dan pembinaan.

“Kita perlu waktu untuk pelatihan sehingga produk kita standar, dengan Perwira ini dapat mempercepat produk unggulan kita sehingga dapat menembus pangsa pasar dunia,” katanya.

Menurutnya, di Bengkulu sendiri kualitas produknya  masih kurang, maka dari itu, dirinya  akan menggenjot terus para pengurus dan anggota Perwira di Bengkulu, agar UKM di Bengkulu dapat maju pesat.

“Kita harus mampu bersaing, dengan melakukan ekspor terhadap produk kita, sehingga kita tidak tergilas dengan produk luar,” pungkasnya.

saat ini, pihaknya telah melakukan  kerja sama dengan Bank BRI, Kementerian Perdagangan dan Perindustrian, Bulog, juga maskapai penerbangan.

Perkumpulan mayoritas perempuan ini memiliki  misi ekonomi  dan pemasaran, Selain itu juga, tambahnya, Perwira juga ikut berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan.

Perwira Provinsi Bengkulu yang baru berusia 10 bulan tersebut, kini telah memiliki Koperasi yang berbadan hukum, dan telah memiliki anggota sebanyak 180 orang.(MC/D12)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *