Wawali : Bengkulu Run 10 K Akan Jadi Agenda Tahunan Pemkot

Bengkulu, BM – Pada kegiatan Bengkulu Run 10 Km baik peserta dari dalam maupun luar Provinsi Bengkulu berkompetisi memperebutkan hadiah utama dengan total Rp 217 juta,  sekitar 1.000 lebih peserta lomba lari ikut dalam lomba ini. Lomba lari atau Run 10 Km ini dalam rangka HUT ke-298 Kota Bengkulu dan BETV. Turut hadir juga FKPD Kota Bengkulu, Sekda Kota Bengkulu serta unsur Pimpinan OPD Kota Bengkulu.

17668913_120300002825679873_239414705_o
Para peserta lomba lari Bengkulu Run 10 K ketika memasuki garis finish.

Adapun rute yang ditetapkan sebagai jalur untuk lari 10 K ini, mulai dari lapangan Sport Center Pantai Panjang menuju Bencoolen Mall kemudian melewati Jalan Putri Gading Cempaka menuju Simpang Lima Ratu Samban, Jalan Soeprato menuju simpang Masjid Jamik, kemudian diteruskan melewati jalan Jendral Sudirman Pintu Batu hingga ke depan Universitas Prof Hazairin, lanjut melewati Kantor Polres Bengkulu dan memutari Benteng Marlborought hingga menuju Tugu Pers Tapak Paderi, melewati Kelurahan Malabero atau Pasar Ikan Kering, kemudian melewati jalan kawasan pesisir Pantai Panjang di menuju Kelurahan Berkas hingga tembus menuju kawasan belakang Hotel Grage Horizon dan menuju garis finish ke Sport Center.

Sementara itu, Wakil Walikota Bengkulu, Ir. Patriana Sosia Linda yang membuka acara ini didampingi Sekda dan Kadispora Kota Bengkulu menuturkan setiap tahun aktualisasi dari pemerintah daerah dan pihak-pihak terkait selalu menunjukkan peningkatan kualitas.

“Ini merupakan kali pertama kita mengadakan lomba lari 10 Km tingkat nasional, mudah-mudahan kegiatan ini akan dilaksanakan setiap tahun, kalau tahun ini bisa untuk nasional, maka tahun depan kita upayakan bisa untuk internasional. Dan kami ucapkan selamat untuk para atlit yang sudah menjuarai kegiatan ini, serta bagi yang belum mendapatkan juara, jangan takut untuk mengikutinya lagi tahun depan dengan persiapan lebih baik lagi tentunya,” ujar Wawali di lapangan Sport Center Kota Bengkulu, Sabtu (26/03/2017).

17668693_120300002823334377_2084854083_o
Wawali didampingi Sekda Kota Bengkulu memberikan secara simbolis alat bantu pendidikan kepada anak-anak SD dan SMP di Kota Bengkulu

Usai sambutannya, Wawali secara simbolis memberikan alat bantu pendidikan berupa tas, sepatu dan alat tulis lainnya kepada perwakilan anak-anak SD dan SMP Kota Bengkulu, bantuan ini persembahan dari donasi masyarakat Bengkulu, Pemkot, dan BETV dengan jumlah bantuan Rp 294 juta. Ini nanti akan diberikan ke sekolah masing-masing di Kota Bengkulu.

Untuk diketahui secara aturan, para peserta wajib mengumpulkan 3 pita khusus yang didapat di tiga titik dalam rute lari tersebut. Dimana, fungsi pita ini untuk dikumpulkan kepada para wasit setelah tiba di garis finish. Selain itu, hal ini sebagai tanda/bukti bahwa peserta lari sudah melewati rute-rute yang telah ditentukan tanpa melakukan kecurangan dengan melewati jalan pintas. Jika nantinya, salah satu peserta tidak bisa menunjukkan 3 pita atau kurang dari 3 pita tersebut, maka akan langsung dianggap gagal/diskualifikasi, meski telah sampai ke garis finis.

Sebanyak 200 peserta yang tersebar dari beberapa daerah yang ikut kategori atlet professional, seperti Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Provinsi Jambi, Provinsi Lampung. Sedangkan untuk pulau Jawa diantaranya DKI Jakarta, Provinsi Banten, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Jawa Barat, serta Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggaran Barat (NTB). (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *