Dishub Provinsi Bengkulu Gelar Rakor Rencana Operasi Angkutan Lebaran 2017

Bengkulu, BM – Mengantisipasi arus lalu lintas lancar menjelang hari lebaran nanti, Dinas Perhubungan  (Dishub) Provinsi Bengkulu, melakukan rapat koordinasi  rencana operasi angkutan lebaran 2017 bersama instansi terkait.

Dalam rakor ini, dapat diketahui permasalahan dan kesiapan dalam penyelanggaraan angkutan jelang lebaran yang dimiliki oleh masing-masing instansi, seperti Bandar Udara, Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) maupun Dinas Perhubungan kabupaten dan kota.

Dari semua pemaparan yang di sampaikan dalam rapat koordinasi ini, diketahui permasalahan infrastruktur jalan dan jembatan masih menjadi permasalahan utama dalam kelancaran arus jalan. Disamping itu juga, masih banyaknya lampu serta rambu-rambu lalulintas yang rusak dan belum diperbaiki.

Menanggapi permasalahan yang ada, Asisten II Bidang Administrasi Perekeonomian dan Pembangun Provinsi Bengkulu Arinarsa mengatakan, pemerintah Provinsi Bengkulu akan berkoordinasi dengan  instansi terkait, seperti  Dinas PUPR  Provinsi, kabupten dan kota, agar dapat segera memperbaiki infrastruktur  yang rusak  untuk kelancaran angkutan kendaraan jelang lebaran nanti.

“Saya minta seluruh Dinas PUPR segera turun untuk perbaikan jalan dan jembatan yang rusak, demikian juga dengan rambu-rambu lalu lintas agar segera diperbaiki, sehingga akses jalan masyarakat menjelang lebaran ini dapat aman dan lancar,” kata Arinarsa saat membuka rapat koordinasi ini di Dinas Perhubungan Province Bengkulu.

Begitupun, kata Ari lagi, pemerintah juga meminta kepada instansi terkait untuk men-standby -kan alat berat di beberapa titik rawan yang ada, serta mensiagakan petugas kesehatan.

“Untuk daerah rawan bencana seperti  longsor, kita minta untuk stanbykan alat berat, kita ingin semua instansi terkait siap,” sebut Arinarsa, yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bengkulu.

Sementara itu, Kepala Dishub Provinsi Bengkulu, Bambang Budi Djatmiko mengatakan, pada umumnya semua instansi dan stakeholder terkait telah siap untuk menjaga kelancaran lalulintas angkutan jelang lebaran nanti.  Disamping itu, sebut Budi, kelayakan maupun sarana dan prasrana angkutan lebaran juga disiapkan.

“Kita ingin semua angkutan lebaran nanti laik untuk jalan, baik dokumennya maupun kendaraan itu sendiri laik jalan, serta prasarana jalan sudah siap untuk menghadapi arus laluiintas lebaran nanti,” tutur Kepala Dishub Provinsi Bengkulu, saat usai melaksanakan Rakor.

Selain itu juga, lanjut Budi, pihaknya bersama instansi terkait akan membentuk posko-posko di beberapa titik jalan yang berpotensi bencana, maupun kriminalitas, sehingga lalulintas masyarakat dalam merayakan lebaran nanti dapat aman dan tenang.

Rakor ini juga dihadiri oleh pihak Jasa Raharja, Ditlantas Polda Bengkulu, Maskapai penerbangan, KSOP serta pihak Organda Provinsi Bengkulu.(MC)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *