Bupati Kaur Resmikan PLTMH Berkapasitas 6 MW

Kaur, BM – Guna mencukupi kebutuhan listrik masyarakat Kabupaten Kaur, kemarin (16/05/2017) Sore, Bupati Kaur, Gusril Fauzi S.Sos bersama dengan Kepala PLN Wilayah Jambi, Bengkulu dan Sumsel, Budi Pangestu meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berkapasitas 3×2 MW (Megawatt,red) yang dibangun di Desa Bungin Tambun III, Kecamatan Padang Guci Hulu (Pagulu), Kabupaten Kaur dengan memanfaatkan derasnya aliran sungai Padang Guci.

Dengan diresmikannya PLTMH berkapasitas listrik 3×2 MW artinya pengoprasian pembangkit listrik tenaga mikro hidro karya pertama PT. Sahung Brantas Energi, yaitu SPC perusahaan Brantas Abipraya yang dikerjakan sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di Kabupaten Kaur dan menjadi solusi bagi masyarakat di Kaur yang sampai saat ini masih kekurangan pasokan listrik. Dalam sambutannya, Bupati Kaur mengatakan masyarakat kaur tidak perlu khawatir lagi dengan listrik dengan kapasitas yang kecil. Di tahun 2018 PLTMH berdaya 2×3.5 MW akan segera dibangun.

“Dengan memiliki kapasitas 2×3 MW, harapan saya bisa mengurangi permasalahan krisis listrik di Kabupaten Kaur serta dapat meningkatkan daya saing ekonomi dengan daerah lainnya. Kedepan, mudah-mudah PLTMH berdaya 2×3.5 MW bisa dibangun, dan bisa berjalan dengan baik,” sampainya.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Sahung Brantas Energi, Sutjipto didampingi Komisaris PT SBE, Ramli Ibrahim mengatakan dalam di tahun 2018 nanti, akan direncanakan untuk mulai kontruksi PLTMH padang guci dengan kapasitas 2×3,5 MW.

“Kami optimis PLTMH padang guci dapat menyuplai kebutuhan listrik di daerah sekitaran kabupaten yang ada ditetangga Kabupaten Kaur, dan capaian ini menjadi satu bukti komitmen Brantas Abipraya dalam membangun infrastruktur ketenagalistrikan di Indonesia umumnya,” ujarnya.

Potensi PLTMH di Pagulu masih banyak, bahkan masih ada sekitar 2×3.5 MW lagi. Rencananya akan mulai dibangun pada tahun 2018 mendatang, sehingga awal tahun 2019 sudah bisa berfungsi. “Bila PLTMH jilid dua berhasil kita bangun, maka kebutuhan listrik di Kaur dan wilayah sekitarnya bisa dari Padang Guci Hulu saja,” tutupnya. (Kikip)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *