Lagi, Oknum Wartawan Meras Pejabat

Kepahiang, BM – Oknum yang mengaku wartawan kembali berulah melakukan aksi pemerasan yang merusak citra profesionalisme jurnalistik. Peristiwa pemerasan tersebut terungkap ketika tim gabungan Satgas Saber Pungli dan Satreskrim Polres Kepahiang melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT), Rabu (05/07/2017) lalu yang digelar di RSUD Kepahiang.

Kapolres Kepahiang AKBP Pahala Simanjuntak melalui Kasat Reskrim AKP Khoiril Akbar mengungkapkan, Kronologis kejadian pemerasan tersebut bermula dari oknum wartawan yang berinisial RO dan MY yang mendatangi ruang Kerja Kabag TU RSUD Kepahiang, Tajri Fauzan dan kemudian oknum tersebut meminta sejumlah uang.

“Jadi memang oknum tersebut bermodus sklaturahmi dan kunjungan lalu diakhir meminta sejumlah uang,” ungkapnya.

Sebelumnya, kedua pelaku ini juga telah sering datang dan meminta sejumlah uang kepada pihak RSUD dari mulai nominal Rp 100.000 s.d Rp 2.000.000, semakin lama nominal yang diminta semakin besar dan terkesan menjadikan RSUD sebagai penghasil uang yang bisa dimanfaatkan.

“Keduanya memang sering datang dan sering juga dikasih oleh pihak RSUD karena menganggap media merupakan parter kerja dalam menjalankan organisasi, namun semakin lama semakin intens meminta sampai akhirnya pihak RSUD geram,” paparnya.

Sejauh ini, Pihak Polres Kepahiang telah mengamankan barang bukti berupa uang Rp 1 juta, oretan rekening untuk transfer uang, fotokopi berkas penjabaran APBD RSUD tahun 2017 yang digunakan pelaku untuk memeras dan dua unit Handphone milik pelaku.

“Kami sekarang telah mengamankan beberapa barang bukti berupa sejumlah uang, oretan nomir rekening pelaku, berkas penjabaran APBD RSUD tahun 2017 dan dua unit HP milik pelaku,” tambahnya.

Pelaku pemerasan juga telah ditetapkan sebagai tersangka setelah menjalani proses gelar perkara dan telah ditahan oleh pihak Polres Kepahiang dan dituntut pasal ganda yaitu pasal 368 KUHP dengan hukuman selama sembilan tahun penjara dan pasal 369 KUHP dengan hukuman maksimal empat tahun penjara. (CW001)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *