169 Peserta, Ikuti Program Operasi Katarak Gratis di RSUD RL

Rejang Lebong, BM – Sebanyak 169 masyarakat yang menderita katarak hari ini (14/07/2017) menjalani operasi katarak gratis yang diprakarsai oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Curup bekerjasama dengan P3DI dan Perdami.

Dr. Honey Rosa Nita, Kabid Pelayanan RSUD Curup mengatakan, Data awal peserta operasi katarak gratis yaitu mencapai angka 366 pasien namun setelah proses verifikasi selesai sebanyak 197 pasien dinyatakan gagal verifikasi dengan berbagai alasan.

“Total peserta awal 366 namun yang dinyatakan lolos verifikasi untuk operasi ada 169 sedangkan yang lainnya tidak memenuhi syarat sehingga tidak bisa dilakukan operasi,” katanya.

Tambahnya, bahwa peserta yang gagal operasi disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya yaitu terdapat peserta yang mendaftar tapi bukan terkena penyakit katarak melainkan penyakit lain dan ada juga peserta yang mendaftar memiliki penyakit hypertensi sehingga tidak dapat dilakukan operasi katarak.

“Ada yang dinyatakan bukan katarak dan ada juga yang hypertensi jadi tidak bisa dilakukan operasi,” tambahnya.

Selanjutnya, dijelaskannya bahwa langkah lanjutan pasca operasi katarak, pada H+1 peserta akan dibawa ke poli mata RSUD Curup dan untuk selanjutnya pasien akan diminta untuk melakukan kontrol rutin ke Puskesmas terdekat.

“Pasca operasi, para pasien tetap kontrol ke Puskesmas terdekat untuk pengecekan,” tutupnya. (CW001)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *