Ini 8 Hasil Rekomendasi Pemuda Bengkulu Usai Digelarnya SPD

Bengkulu, BM – Kegiatan Studi Pembangunan Daerah (SPD) DPD KNPI Provinsi Bengkulu tahun 2017 bekerjasama dengan Dispora Provinsi Bengkulu dengan tema “Bangun dan Perkokoh Indonesia Mendatang Melalui Perubahan Paradigma Pembangunan” digelar selama dua hari mulai dari tanggal 19-20 Juli 2017 di aula Hotel Putri Gading.

Hal inilah, pada dasarnya merupakan ajang berdaulat dan berkehendaknya pemuda bengkulu atas nasib, eksistensi, dan masa depan mereka di masa mendatang, pemuda yakin jika seandainya penyusunan atau perencanaan serta pelaksanaan program kepemudaan melibatkan pemuda sebagai subjek pastilah pembangunan kepemudaan akan berhasil dan secara otomatis akan menyelamatkan indonesia dimasa mendatang.

“Inilah yang kami maksud perubahan paradigma pembangunan kepemudaan, mungkin selama ini sudah terlalu besar anggaran yang diploting pemerintah untuk pemuda tapi realitanya apakah besarnya anggaran tersebut balance dengan hasil yang di dapatkan? pasti semua kita akan menjawab tidak, padahal anggaran yang diplot harus linear dengan capaian targetnya, apa yang salah? ini hal yang melatarbelakangi tercetusnya ide kegiatan Studi Pembangunan Daerah (SPD),” ujar Ketua Panitia Deno Andeska Marlandone usai sukses menggelar SPD, Kamis (20/7/2017).

Selain itu, lanjutnya, puji syukur dengan izin Tuhan Yang Maha Kuasa dan komitmen tinggi kawan-kawan Organisasi Kepemudaan (OKP) serta perwakilan DPD KNPI dari Kabupaten maupun Kota akhirnya kegiatan Studi Pembangunan Daerah (SPD) DPD KNPI Provinsi Bengkulu menghasilkan beberapa rekomendasi yang sudah disampaikan kepada Pemerintah melalui Dispora Provinsi Bengkulu.

“Kami ucapkan terima kasih atas sumbangsih saran dan buah pemikiran kawan-kawan OKP serta Pengurus DPD KNPI baik di Kabupaten maupun Kota yang telah menghasilkan rekomendasi untuk para pemuda di masa mendatang, kemudian kita berikan kesempatan kepada pemuda pewaris bangsa untuk berkarya secara utuh. Membangun pemuda hari ini berarti membangun Indonesia di masa mendatang,” tegasnya.

Adapun 8 rekomendasi SPD Pemuda Bengkulu adalah sebagai berikut :

  1. Untuk melegitimasi aktivitas kepemudaan di Provinsi Bengkulu maka diperlukan Perda Kepemudaan.
  2. Menjadikan kegiatan musyawarah rencana pembangunan pemuda (Musrenbangda) sebagai wahana partisifatifnya pemuda dalam perencanan dan penyusunan kebijakan pembangunan.
  3. Mendorong pertumbuhan wirausaha muda melalui kegiatan Gelar Potensi Daerah (GPD).
  4. Menumbuh kembangkan kepemimpinan muda nasionalis melalui kegiatan Latihan Kepemimpinan Khusus Pemuda Bela Negara (LAKSUS PBN).
  5. Mendorong partisipasi pemuda membangun pedesaan melalui program mahakarya pemuda desa (MPD).
  6. Menjaga identitas bangsa melalui program Arung Sejarah dan Budaya (ASB).
  7. Mendorong terciptanya kerjasama regional antara KNPI Provinsi Bengkulu dengan Majelis Belia Malaysia (MBM) melalui program Komparasi Budaya Pemuda (KBP).
  8. Dan menjadikan kegiatan Studi Pembangunan Daerah (SPD) sebagai agenda rutin.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *