Hitung Ulang, Hingga Perolehan Suara Sama Warnai Pilkades Serentak 2017 di Seluma

Seluma, BM – Secara umum pemungutan suara pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Seluma yang dilaksanakan kemarin berjalan sukses dan damai, “Alhamdulillah Pilkades berjalan aman,” ungkap Bupati Seluma Bundra Jaya, Jumat (21/7/2017).

Terkait tempat pelantikan para kades terpilih, Bundra menegaskan masih menunggu kelengkapan administrasi penetapan para calon terpilih.

“Untuk pelantikannya tidak menutup kemungkinan bisa serempak (di Pemda Seluma), bisa tidak. Jangan pak, jangan serentak kami ingin melaksanakan selamatan di desa, bisa di kecamatan,” ujar Bundra.

Dalam pemilihan serentak itu diikuti 60 desa dengan jumlah calon sebanyak 190.

Kepala bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Arlan Aksa mengakui masih banyak kelemahan dalam pelaksanaan pilkades serentak 2017. Salah satunya tidak bisa dicairkannya honor panitia pemilihan.

“Dalam pemilihan kemarin, terdapat satu desa yang harus dilakukan penghitungan ulang dikarenakan adanya dugaan kesalahan penulisan di Plano, yaitu di Desa Pandan, Seluma Utara, dan penghitungannya dilakukan di Kantor PMD,” kata Arlan.

Bahkan, di Kecamatan Semidang Alas Maras, Desa Rimbo Besar perolehan suara tertinggi dimiliki oleh kedua calon.

“Calonnya ada tiga, dua calon memiliki suara yang sama. Berdasarkan Perda nomor 2 tahun 2016 dan Perbub 37 tahun 2016 yang dimenangkan adalah calon yang DPTnya terbanyak, untuk di Rimbo Besar ketiga calon berada di dalam satu DPT (daftar pemilih tetap),” ujarnya.

Dipastikan pemilihannya akan segera dilakukan, namun pihaknya masih akan meminta petunjuk dengan bupati terkait kapan pelaksanaannya. (azm)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *