Rakerda, TP PKK Bengkulu Fokus Dorong Program Pembangunan Daerah

Bengkulu, BM – Menyikapi permasalahan utama masyarakat Bengkulu yaitu masih tingginya angka kemiskinan, Rohidin Mersyah meminta kepada Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi dan kabupaten-kota fokus dalam upaya peningkatan pemberdayaan perempuan dan mendorong pembangunan di tingkat desa.

“Salah satu contohnya fokus dalam menggerakkan dana desa untuk mensupport pendidikan PAUD di seluruh desa di Provinsi Bengkulu,” jelas Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pada Rakerda TP PKK Provinsi Bengkulu 2017, Rabu (26/07).

Di sisi lain, mengakselerasikan program pokok (TP PKK) Provinsi Bengkulu serta di 10 kabupaten-kota, pelaksanaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) sudah sangat tepat. Namun hal tersebut tentu muaranya juga harus menyasar pada dukungan program Pemda Provinsi dalam mensejahterakan masyarakat.

Mewujudkan program tersebut, menurut Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, TP PKK Provinsi bersama kabupaten-kota diminta untuk mengubah paradigma yang selama ini diterapkan, yakni dari program pendekatan masalah menjadi program berlandaskan tujuan. Koordinasi antara TP PKK Provinsi dan kabupaten-kota juga perlu diperhatikan, supaya sinkron dalam melaksanakan program yang telah disusun.

“Sekarang manajemen yang tepat itu pendekatannya tujuan atau kebutuhan bukan pendekatan masalah. Selain itu koordinasi antar provinsi dan kabupaten-kota juga harus berjalan baik. Walaupun tampak sepele, ini akan membuat nyaman semua orang,” ungkap Rohidin Mersyah yang juga merupakan Pembina TP PKK Provinsi Bengkulu.

Terkait Rakerda TP PKK yang rutin digelar dalam setiap tahun ini, Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu Derta Wahyulin menyatakan, apa yang menjadi fokus pemerintah dalam menekan angka kemiskinan, yang diimplementasikan dalam beberapa aspek, pihaknya akan berupaya sebaik mungkin.

“Melalui Rakerda ini kita akan melakukan konsolidasi 10 program pokok TP PKK. Hasilnya jelas akan menunjang program pemerintah daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten-kota. Dan tentu muaranya untuk peningkatan kesejahteraan, mulai dari tingkat keluarga,” ungkap Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu Derta Wahyulin.

Sementara itu, 10 program pokok TP PKK yang diiatur dalam Permendagri Nomor 1 Tahun 2013 menggantikan Keputusan Mendagi dan Otonomi Daerah Nomor 53 Tahun 2000 Tentang Gerakan PKK, TP PKK Bengkulu juga akan melakukan optimalisasi program. Khususnya yang berkaitan pada pangan, sandang, pendidikan dan keterampilan, kesehatan serta pengembangan kehidupan berkoperasi.

“Optimalisasi beberapa program tersebut dilakukan tidak lain supaya setiap keluarga semakin kuat, sehat, sejahtera serta maju dan mandiri,” tutup Derta Wahyulin. (MC)

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − two =