Wujudkan Ketahanan Pangan dengan 4 Variabel Utama

Bengkulu, BM – Untuk menciptakan ketahanan pangan perlu adanya ketersediaan pangan, keterjangkauan harga, kelancaran rantai distribusinya, serta adanya komunikasi antar instansi terkait.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, saat mebuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Dewan Ketahanan Pangan, di salah satu Hotel Kota Bengkulu, Kamis (3/8).

“Guna mewujudkan ketahan pangan, perlu diperhatikan empat variable utama, yaitu, ketersediaan, keterjangkauan, kelancaran dan komunikasi,” tutur Rohidin.

Dengan adanya variable utama tersebut, sambung Rohidin,  yang dijalankan secara optimal, maka tentu dapat terwujud ketahanan pangan.

Dirinya juga menegaskan kembali, Dinas Ketahan Pangan tidaklah mampu bergerak sendiri tanpa adanya komunikasi dan kerjasama atar instansi terkait.

Selain itu, terkait dengan rakor yang dilaksanakan oleh setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dirinya mengaskan, Rakor itu berbeda dengan rapat kerja, dimana Rakor tersebut mempertemukan stakeholder berlainan untuk mencapai suatu kesepakatan guna mewujudkan ketahan pangan.

“Rakor itu mempertemukan peran yang berbeda untuk tujuan yang sama,” tegas Rohidin.

Disamping itu juga, Rohidin memaparkan, untuk menggerakan sektor ekonomi yang menyangkut ketahan pangan, harus membangun dan mengoptimalkan infrastruktur strategis seperti pelabuhan dan kereta api.

Hadir dalam acara tersebut Koordinasi Sekretaris Dewan Ketahaan Pusat, Forkompinda, Bupati dan Walikota, pimpinan instansi Vertikal serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten dan Kota yang terkait.

Sesuai  yang disampaikan oleh Kepala DTP Provinsi Bengkulu Evarini, dengan Rakor Dewan Ketahanan Pangan ini diharapkan mengantisipasi secara dini semua permasalahan yang ada  tentang ketahan pangan.

“Apa yang menjadi  isu-isu pangan di tingkat provinsi dapat diantispasi secara dini,  dengan adanya kesepakatan nanti,  merupakan kunci keberhasilan ketika kesepakatan itu dapat ditindaklanjuti melalui kabupaten/kota,” sebut Evarini, saat memberikan sambutannya.(MC)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *