Cegah Rabies, Dinkes Gencar Gelar Sosialisasi

Kaur, BM – Tingginya tingkat masyarakat memelihara anjing di Kabupaten Kaur diperlukannya sosialisai terkait penyakit rabies. Dinas Kesehatan Kabupaten Kaur dan Instansi terkait hari ini kamis (10/8/2017) Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu turun ke Kabupaten Kaur dalam rangka melakukan sosialisasi Advokasi Percepatan Eliminasi Rabies yang digelar Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Kaur.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kaur M. Thabri melalui Kabid Program Pengendalian Penyakit (P2P) Syahrial Kabupaten Kaur menargetkan kedepan tidak adanya lagi kasus rabies atau digigit anjing. “Maka jika masyarakat memelihara anjing harus disuntik vaksin anjing, dari Dinas Pertanian dan Perternakan Kabupaten Kaur,” ujarnya.

Dalam sosialisasi ini diikuti oleh Kades lintas sektor dan lintas program di setiap Kecamatan guna meluakukan pencegahan dan penanggulangan secara dini sehingga tidak ada lagi kasus rabies di Kabupaten Kaur, hal ini mengingat tingginya masyarakat memelihara anjing terutama anjing untuk berburu. Perlu diketahui Rabies adalah penyakit menular akut yang menyerang susunan saraf pusat disebabkan oleh virus, efeknya akan mengakibatkan kematian dan menyerang  semua hewan berdarah panas dan manusia, artinya rabies mematikan namun dapat dicegah. (kkip)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *