Maknai HUT RI ke 72, Berikut Rangkaian Kegiatan dan Perlombaan Pemkot Bengkulu

Bengkulu, BM – Dalam memaknai Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 72 Pemerintah Kota Bengkulu menggelar berbagai rangkaian kegiatan lomba. Adapun perlombaan dan kegiatan tesebut sebagai berikut.

Lomba Drumband SD-SMP Se Kota Bengkulu

Lomba drumband yang dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Bengkulu Marjon, M.Pd
Lomba drumband dalam rangka memperingati HUT RI ke 72 yang dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Bengkulu Marjon, M.Pd.

Pemerintah kota Bengkulu melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu menggelar lomba drumband tingkat SD dan SMP se-Kota Bengkulu di Halaman eks Kantor Walikota, Simpang Lima, Senin (14/8/2017).

Ketua Panitia lomba Drumband, Damdi menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk mengisi bulan kemerdekaan RI ke 72. Harapannya lomba ini dapat meningkatkan semangat cinta tanah air dalam diri anak-anak dan remaja.

“Harapannya, lomba ini bisa meningkatkan semangat cinta tanah air dan persatuan untuk mengisi kemerdekaan dalam diri anak dan remaja kita,” katanya.

Pendapat senada disampaikan, Sekretaris Daerah Kota Bengkulu Marjon, bahwa lomba ini bermaksud memupuk kesadaran anak dan remaja akan pentingnya mengisi kemerdekaan yang susah payah diperjuangkan.

Lomba Jalan Gerak Jalan

Gerak jalan dalam rangka HUT RI ke 72 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Bengkulu.
Gerak jalan dalam rangka HUT RI ke 72 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Bengkulu.

Salah perlombaan yang diadakan oleh Pemkot melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bengkulu yakni lomba gerak jalan di Sport Center, Pantai Panjang, Selasa (15/08/2017).

Lomba ini diikuti lebih dari 1000 peserta gerak jalan dari sekolah se-Kota Bengkulu. Menurut informasi panitia, ada 15 sekolah tingkat SMP dan 17 sekolah tingkat SD yang terlibat, selain itu panitia juga menyiapkan 25 juri dalam lomba ini.

“Perlombaan gerak jalan ini bertujuan menjaga silaturahmi antar pelajar agar saling mengenal antar pelajar. Selain itu, tentunya untuk menumbuhkan jiwa yang sehat,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Herman.

Walikota Bengkulu Helmi Hasan yang diwakili Asisten II Pemkot Bengkulu Walin saat membuka kegiatan ini mengatakan lomba ini diharapkan dapat menumbuhkan kekompakan dan semangat cinta tanah air.  Agar peserta lebih semangat maka panitia juga menyiapkan reward bagi peserta lomba gerak jalan.

“Lomba ini diharapkan bisa menanamkan kejujuran dan jiwa berani. Dalam lomba ini juga ada reward tapi yang terpenting ialah menjaga kekompakan dan semangat NKRI,” ucapnya.

Paripurna Istimewa HUT RI ke 72

Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati HUT RI ke 72
Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati HUT RI ke 72.

Pemerintah Kota Bengkulu dan DPRD Kota Bengkulu juga menggelar paripurna istimewa dengan agenda mendengarkan secara langsung pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat layar kaca. Acara ini digelar di Ruang Rapat Ratu Agung DPRD Kota Bengkulu, Bentiring, Rabu (16/08/2017).

Wakil Walikota Bengkulu Patriana Sosialinda, Sekretaris Daerah, dan jajaran kepala OPD, camat serta lurah turut hadir mendengar pidato kenegaraan presiden RI.

Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan penghargaan kepada seluruh lembaga negara, atas kekompakan,sinergi dan kerja sama yang baik selama ini. Presiden meyakini dengan kekompakan, sinergi, dan kerja bersama itu, tidak akan memperlemah tugas dan tanggung jawab konstitusional yang dijalankan oleh setiap lembaga negara, tetapi justru memperkuat semua dalam memenuhi amanah rakyat.

Dalam semangat Persatuan Indonesia itu, menurut Presiden Jokowi, lembaga-lembaga negara justru bisa bekerja dengan lebih baik, bila saling mengingatkan, saling kontrol, saling mengimbangi dan saling melengkapi.

“Tidak ada satu lembaga negarapun yang memiliki kekuasaan absolut, memiliki kekuasaan yang lebih besar dari lembaga negara yang lain,” tegas Presiden Jokowi pada Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) Tahun 2017, di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Jakarta, Rabu (16/8) pagi.

Upacara Peringatan HUT RI ke 72

Wakil Walikota Bengkulu Ir. Patriana Sosialinda jadi inspektur upacara dalam peringatan HUT RI ke 72
Wakil Walikota Bengkulu Ir. Patriana Sosialinda jadi inspektur upacara dalam peringatan HUT RI ke 72.

Upacara peringatan HUT RI ke 72 di halaman Kantor Walikota Bengkulu, Bentiring, Kamis pagi (17/8/2017)  berlangsung khidmat. Saat upacara, bertindak sebagai inspektur upacara adalah Wakil Walikota Bengkulu Patriana Sosialinda.

Dimoment peringatan HUT RI Ke 72 ini Wawali mengajak seluruh warga dan generasi muda untuk merefleksikan kembali perjuangan para pendiri bangsa ketika merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Karena itu, Wawali mengajak generasi muda untuk mengisi kemerdekaan dengan prestasi dan karya nyata bagi kejayaan negeri tercinta.

“Kita harus menghargai jasa pahlawan, NKRI merdeka bukan lahir begitu saja, namun lahir dari perjuangan jiwa dan raga para pahlawan. Mari kita maknai kemerdekaan dengan prestasi dan karya nyata. Mari menjaga kebhinekaan kita, Indonesia harga mati, jaya Indonesia, hebat Indonesia dan Indonesia pasti bisa,” Seru Wawali usai upacara peringatan HUT RI Ke-72 saat diwawancarai jurnalis.

Foto bersama usai pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke 72, Wakil Walikota Bengkulu Ir. Patriana Sosialinda bersama unsur FKPD Kota Bengkulu.
Foto bersama usai pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke 72, Wakil Walikota Bengkulu Ir. Patriana Sosialinda bersama unsur FKPD Kota Bengkulu.

Malam Resepsi HUT RI ke 72

Wakil Walikota Bengkulu Ir. Patriana Sosialinda dalam acara malam resepsi HUT RI ke 72
Wakil Walikota Bengkulu Ir. Patriana Sosialinda dalam acara malam resepsi peringatan HUT RI ke 72.

Pemerintah Kota Bengkulu menutup rangkaian HUT RI ke 72 dengan kegiatan malam resepsi HUT RI proklamasi kemerdekaan tahun 2017. Kegiatan digelar di Balai Kota, Jumat (18/8/2017) malam.

Meski dalam guyuran hujan, acara malam itu tetap berjalan lancar. “Meski kondisi diguyur hujan, kita semua tetap semangat dalam rangka merayakan kemerdekaan RI ke 72,” kata Wakil Walikota Bengkulu Patriana Sosialinda dalam sambutannya.

Selanjutnya, Wawali memberi pujian pada petugas Paskibra Kota Bengkulu yang sudah melaksanakan tugas dengan baik. Kemudian, wawali berharap anak muda ini menjadi pemuda yang penuh karya dan prestasi.

“Suksesnya tim Paskibra Kota Bengkulu ini tidak terjadi begitu saja, ada kerjasama sehingga semua berjalan dengan lancar dan sukses. Untuk anak-anak ini dapat berdiri tegak menjaga NKRI dengan prestasi dan karya,” ungkapnya.

“Menjaga NKRI bukan sekedar lomba, tapi dengan menyiapkan anak bangsa untuk menjawab tantangan masa depan. Tolong sisihkan waktu untuk mendampingi anak agar tumbuh dengan baik,” sambung wawali.

Dalam lima tahun ini, menurut Wawali, Pemkot sudah melakukan banyak pembenahan, ia memberi contoh dengan percepatan pembangunan infrastruktur, hingga kesehatan yang semakin baik dan berkualitas.

“Tahun kelima Walikota Helmi Hasan dan saya pelan-pelan kota ini menjadi lebih baik, seperti percepatan infrastruktur jalan, pendidikan, kesehatan, pelayanan dengan teknologi online SIPP@dek yang baru saja dilaunching beberapa waktu lalu, dan juga mewujudkan Clean and Good Government” terangnya.

Karena itu, disisa masa jabatannya, ia berharap kepada seluruh pemangku kepentingan untuk tetap bekerja melayani rakyat. Tetap menjaga suasana birokrasi yang aman dan kondusif.

“Kita harus tetap bekerjasama mewujudkan 8 tekad Bengkuluku untuk Bengkulu lebih baik. Disisa masa bakti ini suasana harus tetap aman dan kondusif,” pesannya.

Dalam rangkaian malam resepsi yang turut dihadiri oleh FKPD, Sekretaris Daerah, pejabat eselon II, III, IV, veteran dan anggota Paskibra Kota Bengkulu itu juga dilakukan pemberian uang beasiswa secara simbolis kepada anggota Paskib, pemotongan nasi tumpeng oleh Wawali dan diberikan kepada perwakilan veteran, serta penampilan tari adat Bengkulu, tabuhan dol dan goyang malabero. (Adv)

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen + thirteen =