Unik, Inilah Bentuk Transparansi Pelaksanaan DD, ADD dan PAD Desa Waskut

Kepahiang, BM – Pelaksanaan penggunaan DD, ADD, dan juga PAD untuk pembangunan Desa memang harus dilakukan secara terbuka dan transparan. Seperti halnya juga dilakukan oleh Desa Waskut melakukan seluruh kegiatan pembangunan Desa sangat transparan dengan adanya banner unik yang berisi seluruh penggunaan anggaran agar seluruh masyarakat mengetahui seluruh alokasi DD, ADD dan PAD yang dilakukan oleh Kades selaku pemimpin Desa. Senin (21/08/2017)

Tercatat secara detail dalam banner tersebut, seluruh pendapatan Desa yang berasal dari DD, ADD dan PAD untuk pembangunan yaitu DD sebesar Rp 779.131.000, ADD sebesar Rp 385.263.822 dan pendapatan dari PAD sebesar Rp 118.663.

Presentase grafik dan penggunaan alokasi dana juga secara gamblang dipampang dalam banner tersebut, seperti terdapat lima bidang pembangunan Desa non-fisik dan satu pembangunan fisik yang secara konsen dilakukan oleh Pemerintah Desa yaitu Bidang I pemerintahan Desa, Bidang II Pembangunan Desa, Bidang III Pembiayaan Kemasyarakatan Desa, Bidang IV Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Bidang V alokasi Dana tak terduga serta satu pembangunan fisik berupa pembangunan jalan rabat beton.

Kepala Desa Waskut, Ujang Cik mengungkapkan, dirinya sengaja membuat transparansi anggaran berupa pembentukan banner pengeluaran alokasi dana dari DD, ADD dan PAD agar seluruh masyarakat Desa Waskut tahu pengeluaran anggaran dan juga mencegah adanya soudzon dan meminimalisir pembicaraan negatif kepada pemerintah Desa.

“Sengaja saya buat banner seperti itu agar semuanya transparan dan biar masyarakat tahu sehingga tidak soudzon, selain banner saya juga melakukan pengumpulan nota dan kwitansi atas seluruh pengeluaran anggaran Desa sehingga semuanya bisa dipertanggung jawabkan,” ungkapnya.(CW001)

Banner

21015417_604188909970210_619116240_n

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *