Alumni IPDN Pelopor Revolusi Birokrasi

Bengkulu, BM – Reformasi Birorasi dan Revolusi Mental merupakan dua hal strategis yang kini dihadapi bangsa Indonesia agar pembangunan dapat berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan stigma negatif yang melekat di aparatur sipil negara bahwa PNS terkesan malas, lamban, tidak kreatif, miskin inovasi, tidak ramah hingga kepeduliannya yang rendah.

Hal ini disampaikan Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat Serah Terima Pegawai Negeri Sipil Lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Angkatan XXIII Dari Kemendagri RI Kepada Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kot Se-Provinsi Bengkulu, Senin (23/10) di Ruang Pola Pemprov Bengkulu.

Maka tambah Plt. Gubernur Rohidin Mersyah, dengan hadirnya alumni IPDN yang dengan kependidikan formal serta kepamongannya memiliki kompetensi yang lebih dibandingkan dengan lulusan – lulusan yang lain. Mampu menjadi pelopor reformasi birokrasi yang mampu menghilangkan stigma negatif tersebut, menjadi ramah, cepat, berinovasi terus, kreatifitasnya muncul.

“Saya yakin pada suatu waktu alumni IPDN akan menjadi pelopor reformasi birokrasi termasuk perubahan mental yang diharapkan oleh pemerintah secara berjenjang,” jelas Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Dikesempatan ini Plt. Gubernur Rohidin Mersyah juga meminta kepada Bupati/Walikota terkait alumni IPDN yang nanti akan ditempatkan di Kabupaten/Kota agar dapat diterima sebagai keluarga besar masyarakat Provinsi Bengkulu. Plt. Gubernur menegaskan bahwa tidak perlu berfikir bahwa ini adalah pendatang maupun bukan pendatang ataupun perbedaan suku.

“Tidak model lagi kita berfikir ini pendatang, bukan pendatang, suku ini, suku itu. Kita berfikir siapa yang bersungguh – sungguh, siapa yang profesional, siapa yang amanah, maka kesempatan kedepan pasti akan lebih baik,” tegas Rohidin Mersyah.

Direktur Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa Kemendagri RI Lukman Nul Hakim juga menjelaskan bahwa PNS lulusan IPDN adalah kader pemerintahan dalam negeri dan merupakan pelopor revolusi mental yang telah disiapkan melalui pendidikan kepamongprajaan. Sehingga diharapkan dapat memberikan sumbangsih nyata dalam menjawab tantangan bangsa Indonesia.

“Berikanlah pelayan terbaik kepada masyarakat, negara, bangsa tanpa memandang suku, agama, ras ataupun golongan,” jelas Lukman Nul Hakim.

Pada serah terima PNS lulusan IPDN angkatan XXIII dari Kemendagri RI ini, sebanyak 23 alumni IPDN akan di tempatkan di Kabupaten dan Kota se – Provinsi Bengkulu termasuk juga di Pemda Provinsi. Tampak hadir beberapa Kepala OPD Pemprov Bengkulu serta Kepala BPKD Kabupaten/Kota se – Provinsi Bengkulu. (MC)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *