Elva Hartati : Contoh Kota Bengkulu, Tekan Laju Pertumbuhan Penduduk

Bengkulu, BM – Di Indonesia dengan jumlah penduduknya masuk pada urutan empat terbesar di dunia menjadi PR (pekerjaan rumah,red) berat bagi Pemerintah Indonesia sendiri, mengingat gencarnya persaingan pertumbuhan ekonomi di Internasional, dengan banyaknya jumlah penduduk perlu dilakukannya pengendalian jumlah penduduk.

Terkait hal itu, Hj. Elva Hartati Anggota Komisi IX DPR RI mengatakan dengan jumlah penduduk yang besar tersebut, BKKBN harus gencar menekan laju pertumbuhan penduduk dalam bentuk program Keluarga Berencana (KB) di masyarakat-masyarakat.

“BKKBN harus terus giat lagi dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya KB itu sendiri. Selain itu, jika terlalu banyak jumlah penduduknya bagaimana kita mau membangun negara ini, nah dengan program kampung KB ini para kader yang telah di bentuk harus diberikan edukasi dan sosialisasi bila perlu lakukan juga pelatihan untuk para kader itu, supaya menekan jumlah penduduk itu dengan dua anak cukup. Setelah pemahaman para kader ini sudah kita bekali, kedepan peran para kader ini diharapkan bisa lebih pro aktif lagi,” tegasnya, di Kampung KB Kelurahan Jalan Gedang Kecamatan Gading Cempaka, Kamis (2/11/2017).

Selain itu, Elva Hartati berharap kepada kabupaten-kabupaten lain untuk dapat mencontoh Kota Bengkulu ini dalam upaya menekan laju pertumbuhan penduduknya.

“Kalau di daerah-daerah kabupaten masih tinggi angka perkawinan usia dininya, sedangkan kalau di Kota pendidikan menjadi prioritas terlebih dahulu, maka dari itu perlu ada generasi berencana (genre) supaya benar-benar matang saat memasuki usia menikah,” tutupnya. (D12)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *