GenRe Bantu Remaja Persiapkan Keluarga Sejahtera

Bengkulu, BM – BKKBN Pusat dalam upaya peningkatan kualitas Remaja, termasuk dalam Program Pembangunan Keluarga, BKKBN mengembangkan empat pembangunan keluarga, antara lain Program Menjadi Orang Tua Hebat, Program GenRe Berbasis Pendidikan dan Masyarakat, serta Program Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja.

Hal ini tentu menjadi acuan penting khususnya pada program Generasi Berencana (GenRe) di Provinsi Bengkulu. Dikatakan Mirza selaku kakak GenRe Provinsi Bengkulu, remaja di Provinsi Bengkulu harus betul-betul mempersiapkan diri terlebih dahulu  sebelum memasuki usia pernikahan yaitu 21-25 tahun.

“Generasi Berencana adalah bagian dari program BKKBN untuk para remaja, yaitu bagaimana generasi tersebut harus bisa mempersiapkan kehidupan kedepan, contohnya seperti tidak menikah diusia dini, tidak menggunakan narkoba, dan tidak melakukan seks pranikah,” sampainya usai digelar sosialisasi dari BKKBN yaitu, program KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) Kreatif di Kelurahan Jitra Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu, Jum’at (3/11/2017).

Selain itu, Mirza mengatakan untuk mempersiapkan para remaja menuju keluarga sejahtera itu perlu dilakukan pembinaan, edukasi, dan sosialisasi dengan dibingkai pada suatu program yang menarik.

“Ini kita lakukan agar pemahaman tentang program keluarga berencana dapat dipahami oleh para remaja kita, adapun bentuk program-program GenRe ini seperti yang telah kita lakukan sebelumnya yaitu melaksanakan program GenRe Ceria dengan road show ke seluruh kabupaten di Provinsi Bengkulu salah satu kegiatannya kita mengumpulkan anak-anak PIK-R untuk di edukasi, selain itu kita menampilkan seni kreativitas, ada talk show, dan kemudian ada doorprize, ini semua kita lakukan untuk memberikan pemahaman kepada mereka tentang bagaimana mempersiapkan satu keluarga yang bisa merencana kehidupan yang lebih baik, tutupnya.

Perlu diketahui tujuan dari program GenRe adalah untuk memfasilitasi remaja agar belajar memahami dan mempraktikan perilaku hidup sehat dan berakhlak untuk mencapai ketahanan remaja sebagai dasar mewujudkan Generasi Berencana dalam hal jenjang pendidikan yang terencana, berkarir dalam pekerjaan yang terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi.

GenRe adalah program yang dikembangkan oleh BKKBN dengan kelompok sasaran program, yaitu:

  • Remaja (10-24 tahun) dan belum menikah
  • Mahasiswa/Mahasiswi belum menikah
  • Keluarga / Keluarga yang punya remaja
  • Masyarakat yang peduli terhadap remaja

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *