Budayakan Gemar Makan Ikan, DKP Gelar Lomba Masak Serba Ikan

Bengkulu, BM – Dinas Kelautan dan perikanan Provinsi Bengkulu gelar lomba masak serba ikan tingkat provinsi ke 10 tahun 2017. Acara yang bertempat di Auditorium Bencoolen Mall ini berlangsung meriah.

Lomba ini, merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan dengan cara mengembangkan jenis olahan makanan yang berbahan baku ikan.

Saat membuka kegiatan,  Plt Sekda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto mengatakan, berdasarkan data Susenas BPS, tingkat konsumsi ikan masyarakat Provinsi Bengkulu tahun 2016 masih tergolong rendah 37,29 kg perkapita pertahun.  Sementara target nasional tahun 2016 sebesar 43,88 kg/Kapita/TA.

Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini,  animo masyarakat untuk mengkonsumsi ikan terus meningkat setiap tahunnya, dan kreasi kuliner berbahan baku ikan menjadi daya tarik wisata dalam mendukung program wonderful Bengkulu 2020.

“Saya berharap hasil dari lomba masak serba ikan tingkat provinsi ini,  dapat menciptakan kreasi menu masakan berbahan baku ikan yang dapat menjadi salah satu daya tarik wisata dibidang kuliner,” jelas Gotri.

Lomba yang diikuti tim penggerak pkk dari 8 kabupaten dan kota Bengkulu ini, diminta menyajikan tiga menu serba ikan yakni menu keluarga, menu balita dan kudapan.

Setelah melalui proses penjurian,  Kabupaten Bengkulu Tengah yang menyajikan “Patin Bebunyi”  (patin bebungkus bunge unyi) sebagai menu keluarga ditetapkan sebagai juara pertama, sekaligus mewakili Provinsi Bengkulu pada lomba masak serba ikan tingkat nasional tahun depan.

Juara dua diraih Kabupaten Kaur,  dengan menu Ghuas Ikan Patin Undak Kemangi dan Upak Gulung Ikan Pelus.  Sementara Juara tiga diraih Kabupaten Kepahiang dengan menu Ikan Patin masak Siram Saos Pedas dan Nila Nasi Gulung Sayuran.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu Ivan Syamsurizal mengungkapkan, setiap menu yang disajikan peserta mempunyai keunggulan serta kelemahan masing masing.

Ivan berharap dalam keikutsertaan Provinsi Bengkulu diajang lomba masak tingkat nasional dapat menyajikan menu yang telah dikolaborasikan dari unggulan tiap tiap daerah bukan hanya menu dari daerah yang mewakili karena membawa nama Provinsi Bengkulu. (MC)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *