Sinergikan Program, Dinas Damkartan Kota Bengkulu Gelar Rakor

Bengkulu, BM  – Upaya mensinergikan program pemadam kebakaran (Damkar) di Kabupaten-kabupaten, Kota dan Provinsi, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar Tan) Kota Bengkulu sebagai tuan rumah menggelar apel bersama dan rapat koordinasi serta silaturahmi pemadam kebakaran se Provinsi Bengkulu dalam rangka penyusunan rencana aksi bahaya kebakaran dan bantuan keamanan serta ketertiban, Senin pagi (27/11/2017) di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu di jalan Bhayangkara No. 47 Km. 09.

WhatsApp Image 2017-11-27 at 12.22.32
Apel bersama Damkar se Provinsi Bengkulu dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Bengkulu Marjon, M.Pd.

Dikatakan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu acara ini pertama kalinya digelar di Kota Bengkulu dengan mengundang seluruh Kepala Dinas Damkar se Provinsi Bengkulu dengan harapan bisa menyamakan program-program Damkar di Daerah.

“Acara ini pertama kalinya digelar, kita berkoordinasi dengan seluruh Kepala Dinas Damkar Kabupaten dan Kota se- Provinsi Bengkulu, syukur Alhamdulillah respon mereka sangat baik dan 9 Kabupaten dan Kota semuanya hadir, dengan adanya rapat koordinasi dan latihan bersama ini harapanya tidak hanya sampai hari ini saja, kedepan program Damkar kabupaten dan kota ini bisa sinkron atau sama, mudah-mudahan kedepan Damkar se-Provinsi Bengkulu bisa maju programnya,” ujar Saipul Apandi, S.Sos usai menggelar simulasi tanggap darurat kebakaran.

24116726_540141709668508_1450311369_o
Simulasi tanggap darurat kebakaran oleh petugas Damkartan Kota Bengkulu.

Saipul juga mengatakan acara ini tentu nanti ada tindak lanjut latihannya tidak hanya sampai saat ini saja, tak hanya itu dirinya juga akan rapat dengan unsur pimpinan terkait program Damkar kedepan.

“Nanti unsur pimpinan dari 9 kabupaten dan kota akan rapat bersama terkait tindak lanjutnya dan juga nanti akan membahas pembentukan Ikatan Pemadam Kebakaran se Provinsi Bengkulu, kemudian akan membahas penyamaan SOP (standar operasional prosedur) pemadam kebakaran se-Provinsi Bengkulu, jadi SOP yang nantinya digunakan setiap kabupaten dan kota itu sama serta tidak ada yang berbeda, terakhir membahas komitmen bersama demi kemajuan Damkar kedepannya dengan meminta juga dukungan Gubernur, Walikota, Bupati dan DPRD,” tambahnya.

24139332_540136489669030_1260169348_o
Simulasi tanggap darurat kebakaran oleh Sekretaris Daerah Kota Bengkulu Marjon, M.Pd.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bengkulu Marjon, M.Pd mengatakan sangat mengapresiasi acara apel bersama dan rapat koordinasi Damkar se Provinsi Bengkulu.

“Acara ini sangat bagus dan tentu bisa dijadikan kegiatan saling sharing pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan dalam rangka pemadaman kebakaran, jangan sampai nanti semua petugas tidak siap, untuk sharing misalnya kota mendapatkan pengetahuan dari kabupaten, kabupaten mendapatkan pengetahuan dari kota, bagaimana perannya sama jangan sampai terjadi simpang siur pemahaman, begitu juga dengan keterampilan jangan sampai petugas tidak terampil dalam memadamkan apalagi mengajari orang lain maka hari ini harus ditanamkan itu,” tutupnya. (D12)

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − 2 =