Lestarikan Seni di Provinsi Bengkulu, Dikbud Gelar Pagelaran Seni Budaya

Bengkulu, BM – Upaya mempertahankan eksistensi seni dan budaya daerah Provinsi Bengkulu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu menggelar Pagelaran Seni Budaya di Gedung Teater Tertutup Taman Budaya, Selasa sore (12/12/2017) dengan menampilkan pertunjukan seni seperti monolog, tari, sastra, dan musik dari berbagai sanggar seni di Kota Bengkulu.

Dari laporan Ketua Panitia acara ini digelar guna mendukung program Gubernur Bengkulu untuk menuju Bengkulu visit wonderful 2020, dengan latar belakang inilah taman budaya bengkulu menggelar acara tersebut, dengan tema “mari cintai dan lestarikan seni budaya daerah”.

“Acara ini dilatarbelakangi mengingat Provinsi Bengkulu mempunyai beragam unsur seni dan budaya daerah yang sudah berkembang dan harus dilestarikan agar tetap eksis baik ditingkat daerah maupun secara nasional,” sampai Tarum, S.Sos.

Selain itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu diwakili Kepala Taman Budaya mengatakan ini merupakan ajang membangun kreativitas seni budaya daerah di Provinsi Bengkulu sehingga seni budaya daerah di Provinsi Bengkulu tetap eksis kedepannya.

“Jika kreativitas dan aktivitas sudah terbangun maka akan lahir inovasi dan produktivitas, empat kompenen inilah yang tidak dapat dipisahkan, kita berharap dapat melahirkan seniman-seniman besar dengan karya-karya besarnya di taman budaya ini, sehingga bisa dikenal secara provinsi, regional maupun nasional, harapannya seni budaya daerah di Provinsi Bengkulu untuk tetap eksis dan tetap terus dilestarikan,” ujar Drs. Buyung Asril sekaligus membuka acara pagelaran seni budaya tersebut.

Adapun tujuan dari acara ini guna meningkatkan dan melestarikan seni budaya daerah di Provinsi Bengkulu. Acara ini terselenggara atas kerja sama dengan sanggar-sanggar seni di Kota Bengkulu yaitu, sanggar kedai proses menampilkan seni drama monolog, sanggar salsabila menampilkan seni tari, sanggar seni gitar tunggal menampilkan seni musik dan teater lebah menampilkan seni puisi. (D12)

Laporan Ketua Panitia Pagelaran Seni Budaya Tarum, S.Sos
Laporan Ketua Panitia Pagelaran Seni Budaya Tarum, S.Sos.
Sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu diwakili oleh Kepala Taman Budaya Drs. Buyung Asril
Sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu diwakili oleh Kepala Taman Budaya Drs. Buyung Asril.

 

 

 

 

Penampilan seni puisi dari sanggar lebah dengan tema "jangan pernah takut dengan peraturan".
Penampilan seni puisi dari sanggar teater lebah dengan tema “jangan pernah takut dengan peraturan”.
Penampilan Seni Tari dari sanggar salsabila dengan tema "Arak Gedang".
Penampilan Seni Tari dari sanggar salsabila dengan tema “Arak Gedang”.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penampilan seni musik dari sanggar gitar tunggal dengan tema "pergaulan muda-mudi padang guci".
Penampilan seni musik dari sanggar gitar tunggal dengan tema “pergaulan muda-mudi padang guci”.

 

 

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven − five =