Pacific Partnership, Tim Medis Tentara Asing Berikan Pelayanan Kesehatan

Bengkulu, BM – Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kota Bengkulu, unit pelaksana teknis daerah (UPTD) Puskesmas Sukamerindu, Kota Bengkulu menyambut kedatangan tim medis dari tentara asing. Kedatangan tim medis berseragam tentara asing kali ini juga dalam rangka membangun “Pacific Partnership” atau Kemitraan Pasifik.

Adapun rangkaian kegiatannya antara lain terdiri dari community relationship, medical civic action programengineering civic action program, women peace security, humanitarian assistance and disaster relief.

Ada yang menarik, kedatangan tim medis berseragam tentara asing disambut langsung oleh tari persembahan asli Bengkulu, hal ini sempat membuat kekaguman tersendiri bagi tentara asing yang senang melihat keanekaragaman budaya di Indonesia terkhusus di Provinsi Bengkulu.

Ketua Tim Dokter dari US Army-Navy Seal menyampaikan bahwa ia berada disini selama 4 hari dalam rangka kerja sama Indonesia-Amerika (Pacific Partnership) dan pihaknya sangat senang berada di Indonesia.

“Kami bersama tim di sini akan melaksanakan kegiatan ini selama 4 hari dan kami sangat senang berada di Indonesia,” ungkap dr. Molenat dari Navy Seal, Senin (2/4/2018).

Hal senada juga disampaikan dr. Roby selaku dokter dari Mabes TNI AL mengatakan kedatangan tentara asing ke Indonesia dalam rangka membangun kemitraan pasifik.

“Memang ada kerja sama Indonesia-Amerika  yaitu  dalam rangka membangun pacific parthership (kerja sama antara Amerika-Indonesia) sampai tanggal 12 april mendatang,” ungkapnya.

Sementara itu, drg. Aditya selaku anggota Dental Civic Action Program (DENCAP) menyampaikan acara ini dalam rangka latihan bersama tentara asing dengan TNI  untuk penanggulangan bencana, salah satu kegiatannya yaitu, pelayanan pengobatan bagi masyarakat.

“Adapun tim medis yang hadir terdiri dari dokter perwakilan dari negara Amerika, Singapore, Filipina, Korea Selatan, Japan, India, Inggris, Perancis, Australia, Vietnam, Thailand, Malaysia termasuk di dalamnya Indonesia,” ungkapnya.

Saat ditanya pewarta, Ainun (50) warga Sukamerindu, Kota Bengkulu mengaku senang dengan adanya kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena bisa mendapatkan pelayanan kesehatan langsung dari dokter tentara asing.

“Ya kami senang dengan kegiatan ini karena bisa diobati oleh dokter dari luar negeri,” ungkapnya.

Hadir dalam acara tersebut Kapolsek Teluk Segara Kompol Jawari, Kepala Puskesmas Sukamerindu,  dr. Erlina, Camat Sungai Serut, perwakilan dari Mabes TNI AL dr. Roby, Perwakilan dari TNI drg. Aditya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Lurah Sukamerindu Dali Ispran dan lainnya.

Terpantau di lapangan dalam kegiatan pelayanan kesehatan ini turut melayani beberapa jenis pelayanan kesehatan seperti pelayanan kesehatan gigi dan pelayanan kesehatan umum. (BM-1)

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × four =