Pembangunan Sanitasi Tingkatkan Taraf Kesehatan Warga Pasegeran

BANJARNEGARA, BM – Ingin capaian maksimal berkualitas, Dansatgas TMMD Reguler 102 Banjarnegara, Letkol Inf. Bagas Gunanto, A.Ks rutin melaksanakan pengecekan progres-progres pembangunan yang sedang berjalan. Jum’at (13/7/18).

Dari 7 sasaran fisik TMMD Reguler, Jambanisasi juga tak luput dari pantauannya. Di Pasegeran ada 32 rumah warga kurang mampu dibuatkan jamban. Salah satu yang menjadi obyek pengecekan adalah jamban milik Mei (60) seorang janda warga dari Rt. 03 Rw. 03 Dusun Kroya Desa Pasegeran.

Jambanisasi merupakan salah satu sasaran program TMMD Reguler 102 Kodim Banjarnegara terus dikebut pelaksanaannya di Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum. Sebelum mendapatkan bantuan jamban, warga terlebih dahulu didata dan dilakukan pengecekan awal oleh Babinsa setempat dilapangan dengan melibatkan perangkat desa sehingga tepat sasaran. Sedangkan untuk tahab pengerjaan, dilakukan secara gotong-royong oleh para Tekhnisi Satgas TMMD (tukang) dengan dibantu masyarakat yang juga mempunyai keahlian pertukangan.

Dikatakan Dandim Bagas, “Pembangunan sanitasi diharapkan dapat meningkatkan kesehatan warga yang kurang mampu,” ucapnya.

Pentingnya pembangunan jamban merupakan bentuk kepedulian Kodim 0704 Banjarnegara terhadap sanitasi di lingkungan tersebut. Dengan demikian, adanya program jambanisasi ini dapat secara langsung mendukung pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan sadar akan kesehatan dan kebersihan lingkungan.

“Selain itu Jambanisasi untuk memelihara kebersihan lingkungan sehingga warga tidak membuang hajat lagi di sungai ataupun di kebun,” pungkasnya.

Percontohon pembangunan sanitasi di Desa Pasegeran bagi warga yang kurang mampu juga dapat dijadikan teladan atau percontohan bagi desa-desa lainnya di wilayah Kecamatan Pandanarum.(pendim0704bna)

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × three =