Pendatang Baru, Barista Kopi Gading Cempaka Juara

Bengkulu, BM- Festival Kopi Bengkulu yang merupakan sub event dalam perhelatan akbar Festival Bumi Rafflesia 2018 sukses digelar. Pada rangkaiannya, festival ini selain memamerkan kopi premium khas Bengkulu dari berbagai brand se-provinsi Bengkulu juga dilaksanakan lomba Manual Brewing Competition untuk para barista. Barista Kopi Gading Cempaka sebagai brand pendatang baru berhasil menyabet juara II dalam lomba tersebut.

“Tentu kami sangat bersyukur. Ini jadi tantangan berat buat kami agar bisa memiliki Kedai Kopi dengan brand yang sudah kami miliki,” ungkap owner brand Kopi Gading Cempaka A. Khafi saat di temui di stand Festival Kopi, Senin (23/7/2018).

Selain itu, tambah Khafi, barista kami belum pernah sekolah khusus soal kopi. Kami hanya memberikan motivasi serta teknik dan kejujuran saja. Karena apapun itu jika dimulai dari kejujuran akan berhasil. Tiap kompetisi itu media belajar. Jadi dia (Rika) memamfaatkan itu secara baik.

“Modal kami hanya kejujuran. Jujur sebagai pemula. Alat-alat seduh aja masih ada yang minjam sama kawan-kawan di sini untuk ikut kompetisi,” terang Khafi.

Perantau dari asal pulau Madura ini mengungkapkan, walaupun ada persiapan itu hanya sekedarnya saja. Karena barista sendiri itu kompleks dan harusnya memiliki banyak alat-alat seduh yang memadai, mulai dari yang paling sederhana hingga modern.

“Niat itu pasti ada untuk mendirikan kedai. Tapi kami masih ngaca. Buat beli alat seduh saja buat barista kami masih kesulitan, apalagi itu. Kita tunggu orang baik yang mau investasi aja nanti,” harap Khafi.

Terpisah, Rika saat ditemui mengungkapkan rasa syukur yang mendalam. Pengalaman pertama dan harus mengemban amanah sebagai juara II. “Terimakasih buat owner KGC sudah jadi motivator sekaligus guru pertama mengenal kopi. Saya hampir gak percaya karena kompetitor saya hebat-hebat dan rata-rata sudah memiliki kedai. Sementara kami belum,” jelas Rika sambil menunjuk.

Lanjut Rika, ini akan jadi motivasi besar bagi kami dan tentu akan menaikkan brand Kopi Gading Cempaka. Tentu kami akan terus belajar dan belajar dan tak akan pernah merasa puas. Ini permulaan yang semestinya bukan jadi kebanggaan melainkan sebagai beban berat.

Berikut para juara Manual Brewing Competition: Juara I Andri Putra utusan Papuk Mamuk, Juara II Rika Kurnia Ningsih utusan Kopi Gading Cempaka, Juara III Lara Asepto utusan Trully.

Untuk diketahui brand-brand dan Kafe yang ikut memeriahkan Festival Kopi Bengkulu 2018 ini diantaranya, Kopi Gading Cempaka, Ikola Koffie, Papuk Mamuk, Sayoko, Nian Joa 81, Anak Tu Coffee, Neron Coffee, Konakito, Rapindo.

Selain stand kopi, festival ini juga berhadap-hadapan dengan stand kuliner. Sehingga pengunjung dapat minum kopi berikut berkuliner yang bisa dinikmati di tempat dengan suguhan hiburan dari panitia. (**)

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 − 1 =