Pemkot Bengkulu Perkuat Kerjasama Antar Daerah Melalui Rakernas APEKSI

Tarakan, BM – Pemerintah Kota Bengkulu terus berupaya mengoptimalkan potensi daerah melalui berbagai forum nasional. Salah satunya melalui Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XIII di Kota Tarakan, Kalimantan Utara, 24-26 Juli 2018.

“Rakernas ini sangat bermanfaat untuk membahas isu-isu strategis dan faktual dalam penyelenggaraan pemerintahan di tingkat kota se-Indonesia,” kata Penjabat Walikota Bengkulu Budiman Ismaun di Hotel Tarakan Plaza.

Disampaikannya pula, selain mempererat tali silaturahmi antar pemerintah kota se-Indonesia, Rakernas ini juga sebagai ruang mempertajam pengenalan potensi daerah, budaya, promosi wisata dan kesenian dari 98 kota anggota APEKSI.

“Kita juga membawa tim pawai budaya dan kesenian untuk menampilkan kebudayaan dan potensi-potensi daerah Kota Bengkulu,” kata Budiman.

“Melalui Rakernas ini Kota Bengkulu optimis, potensi daerah dari berbagai sektor yang ada di Kota bengkulu menjadi daya tarik bagi kota lain untuk memperkuat kerjasama dengan kita,” sambungnya.

Untuk diketahui, sebelumnya, Rakernas APEKSI XIII ini dibuka oleh Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono. Selain Rakernas, sebelumnya para Walikota dan rombongan dijamu makan malam oleh Walikota Tarakan Sofian Raga. Selain itu, rangkaian kegiatan pada Rakernas APEKSI ini adalah City Expo, Pameran Perdagangan dan UMKM, Pawai Budaya Nusantara, dan Panggung Kesenian Budaya dari anggota APEKSI.

Dalam Rakernas ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, dan Gubernur Jawa Timur. Kegiatan ini juga dihadiri sebagian besar walikota anggota APEKSI dan rombongan, di antaranya, Walikota Tangeran Selatan Airin Rachmi Diany yang juga sebagai Ketua Dewan Pengurus APEKSI dan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah.

Dari Pemkot Bengkulu, Penjabat Walikota Bengkulu didampingi Asisten I, Asisten III, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian, Kepala Dinas Pariwisata, Kabag Pemerintahan dan beberapa pejabat lainnya. (**)

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 1 =