TPAKD Provinsi Bengkulu, Targetkan Program Satu Desa Satu Agen “Laku Pandai”

Bengkulu, BM – Guna membantu Pemerintah Provinsi Bengkulu mempercepat mengatasi kemiskinan, Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Bengkulu menggelar Focus Group Discussion (FGD) terkait program kerja TPAKD di Kantor Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Bengkulu.

Dalam sambutannya, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Bengkulu Yan Syafri mengatakan untuk membantu pemerintah provinsi mengatasi kemiskinan maka diperlukan agen layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif (Laku Pandai) di setiap desa. Program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini untuk penyediaan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya melalui kerja sama dengan pihak lain (agen bank), dan didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi.

“Pada FGD ini TPAKD Provinsi Bengkulu akan melaksanakan kegiatan Satu Desa Satu Agen Laku Pandai, ini merupakan inisiasi Biro Administrasi Perekonomian Setda Provinsi Bengkulu dalam rangka mendukung program prioritas pemerintah dalam pengentasan kemiskinan,” ujar Sekretaris TPAKD Provinsi Bengkulu, Rabu pagi (01/8/2018).

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumbar Daya Alam Setda Bengkulu mengatakan pada program ini OPD terkait berfungsi sebagai pihak yang merekomendasikan UMKM binaan mereka untuk menjadi calon agen Laku Pandai kepada PT. BPD Bengkulu. Selanjutnya nanti BPD Bengkulu akan menilai kelayakan calon agen Laku Pandai untuk dijadikan agen sesuai dengan ketentuan internal bank.

“Program ini akan dilaksanakan diseluruh kabupaten di Provinsi Bengkulu untuk membuka akses keuangan bagi masyarakat yang belum tersentuh oleh Kantor Cabang Perbankan,” jelas Dr. Anzori Tawakal, ST, M.Si selaku Koordinator Pokja Teknis TPAKD Provinsi Bengkulu saat memimpin rapat.

Dalam FGD ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Bengkulu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bengkulu, Kepala Dinas Perindustriaan dan Perdagangan Provinsi Bengkulu dan Bank Operator Program Lakupandai PT. BPD Bengkulu yang tergabung dalam Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Bengkulu. (Md001)

 

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three + 18 =