Sudahkah Kamu Merdeka secara Finansial? Buktikan dengan Enam Tanda Merdeka Finansial

Bengkulu, BM –Halo Sobat Sikapi, bulan Agustus menjadi bulan istimewa bagi rakyat Indonesia. Setiap tahunnya, di bulan ini masyarakat Indonesia merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus. Setiap bulan Agustus masyarakat Indonesia disibukkan dengan kegiatan rutin dalam rangka memperingati hari kemerdekaan. Perayaan seperti upacara bendera, lomba 17-an, dan memasang bendera di depan rumah dilakukan sebagai wujud penghargaan kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk bangsa dan negara.

Merdeka finansial-ILM 17 agustus-01

            Setelah kalian mengikuti berbagai tips tentang perencanaan keuangan di minisite ini, apakah Sobat Sikapi sudah merasa merdeka secara finansial? Jika tujuan keuangan yang sebelumnya kalian buat sudah terwujud, berarti kalian sudah merdeka finansial. Merdeka secara finansial (financially freedom) bukan berarti memiliki banyak uang, makna merdeka finansial lebih dari sekadar banyak uang. Kemerdekaan finansial diperoleh jika kalian dapat hidup dengan pantas, secukupnya, dan bebas utang.

Sobat Sikapi, merdeka secara finansial merupakan proses berkembang, kuat secara emosional dan spiritual untuk menjadi sukses dan bahagia sesuai dengan tujuan kalian. Dengan kata lain, merdeka finansial tidak hanya sekadar memiliki harta dan aset yang banyak, namun kalian juga dapat mencapai sesuatu yang kalian inginkan. Di bulan kemerdekaan ini, pantas jika kita bertanya sudahkah kita merdeka secara finansial? Berikut adalah tanda jika Sobat Sikapi sudah merdeka secara finansial:

  1. Kesehatan dan Jiwa ter-cover Asuransi

Sobat Sikapi, hal utama yang wajib dimiliki seseorang yang merdeka finansial adalah proteksi diri. Asuransi menjadi hal yang penting karena proteksi asuransi membantu untuk meminimalkan risiko yang mungkin terjadi di masa depan. Tanpa adanya proteksi asuransi, risiko tersebut bisa berdampak besar bagi stabilitas keuangan kalian. Asuransi kesehatan membantu kalian untuk membayar biaya rumah sakit tanpa memberatkan keuangan, asuransi jiwa membantu keluarga agar kebutuhan tetap tercukupi jika suatu saat terjadi kemungkinan terburuk, dan jika tidak ingin keluar biaya mahal untuk memperbaiki kerusakan mobil bisa menggunakan asuransi kendaraan.

  1. Tidak Mencemaskan Masa Depan berkat Investasi

            Sobat Sikapi, mendiamkan uang di tabungan tidak akan memberikan keuntungan serta tidak dapat mengalahkan peningkatan inflasi tahunan. Investasi menjadi salah satu cara untuk mencapai merdeka finansial. Investasi bisa dilakukan dalam bentuk apapun, yang terpenting adalah investasi tersebut harus memberikan return di atas inflasi. Dari pengelolaan investasi inilah kalian akan mencapai medeka finansial. Investasi juga erat kaitannya dengan proteksi, kedua hal ini menjadi tanda kalian sudah merdeka finansial atau belum. Tanpa proteksi, investasi yang memberikan penghasilan tersebut rentan akan terdampak risiko, yang suatu saat mungkin menghilangkan sumber pendapatan kalian.

  1. Masa Pensiun terjamin dengan Dana Pensiun

Siapa yang tidak ingin aman di masa tua? Siapa yang tidak ingin aman di saat masa pensiun? Semua orang pasti mengingkan masa tua yang aman secara finansial. Masa pensiun menjadi salah satu masa penting dalam kehidupan semua orang. Besarnya pendapatan dan tabungan saat masih bekerja akan memengaruhi masa pensiun seseorang. Semakin cepat kalian mulai memikirkan masa pensiun, semakin besar juga tabungan yang kalian miliki di saat tua.

Mempersiapkan dana pensiun sebaiknya dilakukan sejak dini ketika masih dalam masa produktif. Selain menabung di Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), masa pensiun juga dapat dipersiapkan dengan investasi.  Ada beberapa produk investasi yang bisa kalian pilih, seperti deposito, reksa dana, obligasi, emas, hingga saham. Produk yang aman tapi hanya memiliki return paling tinggi sekitar 6% adalah deposito. Ingin mendapatkan return besar namun risiko juga besar, kelola uang kalian di saham. Pilihlah produk investasi yang sesuai tujuan dan profil risiko kalian.

  1. Dana Pendidikan menjamin Pendidikan Anak

Semua orang tua tentu setuju jika pendidikan merupakan hal yang penting untuk seorang anak. Dengan pendidikan yang baik, seorang anak diharapkan dapat hidup lebih sejahtera dan sukses daripada orang tuanya. Sobat sikapi perlu untuk merencanakan dana pendidikan anak mulai sejak dini, karena biaya pendidikan di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Asuransi pendidikan akan membantu pendidikan anak di masa depan. Menjamin masa depan anak termasuk salah satu dari syarat menuju kemerdekaan keuangan. Dengan memiliki asuransi pendidikan, Sobat Sikapi sudah berhasil memenuhi salah satu syarat untuk bisa merdeka secara keuangan.

  1. Berutang untuk Kegiatan Produktif

Utang bisa menjadi suatu hal yang berbahaya, jika penggunaan utang tersebut untuk hal-hal konsumtif. Namun, mau tidak mau hidup memang tidak akan jauh dari utang, baik utang pribadi pada teman ataupun utang pada lembaga pembiayaan. Salah satu syarat menuju kemerdekaan keuangan adalah dengan membebaskan hidup Sobat Sikapi dari utang. Namun, jika utang yang dimiliki dikonversi menjadi aset yang produktif dan bisa memberikan penghasilan, berarti kalian sudah mulai menuju kemerdekaan finansial. Lebih bijak berutang untuk modal usaha, karena di balik utang produktif ada hasil yang bisa kalian nikmati.

  1. Dana Darurat menjadi Penyelamat

Terakhir, dana darurat menjadi kegiatan investasi yang sangat penting bagi hidup kalian. Kegiatan ini bisa kalian lakukan dengan menabung separuh dari gaji pokok setiap bulan. Dengan adanya tabungan ini, Sobat Sikapi tidak perlu lagi khawatir apabila mendadak membutuhkan dana besar. Di sisi lain, apabila tidak ada kebutuhan mendadak dalam hidup kalian, tabungan dana darurat tersebut itu bisa digunakan sebagai tabungan masa depan.

Merdeka secara finansial adalah periode di saat seseorang sudah berhasil memenuhi tujuan keuangan dalam hidup, seperti pendidikan untuk anak, persiapan dana ketika sudah pensiun, dan juga asuransi yang memitigasi risiko. Dengan terpenuhinya kebutuhan tersebut, sudah dipastikan Sobat SIkapi tergolong yang merdeka secara keuangan. Mulai saat ini, miliki asuransi sebagai langkah proteksi. Buat hari tua lebih bahagia dengan dana pensiun. Buang kecemasan dalam diri dengan investasi. Permudah langkah anak menuju masa depan melalui persiapan dana pendidikan. Serta ciptakan utang menjadi sumber pemasukan.

Sobat Sikapi, mengukur tingkat kemerdekaan finansial tidak serta merta hanya dengan nominal aset, tabungan, investasi dan harta, akan tetapi juga diukur dengan tingkat kebahagiaan kalian dan bagaimana cara kalian mensyukuri apa yang sudah kalian miliki saat ini serta pengalaman berharga yang sudah kalian dapatkan selama ini.

Sumber:

https://www.halomoney.co.id/blog/merdeka-finansial-di-hari-kemerdekaan-indonesia

https://www.cermati.com/artikel/merdeka-sudahkah-merdeka-finansial-inilah-tandanya

https://www.liputan6.com/bisnis/read/2620345/4-langkah-mudah-merdeka-secara-keuangan

https://finance.detik.com/perencanaan-keuangan/d-2995073/ini-yang-namanya-merdeka-finansial

https://www.physicianonfire.com/financial-independence-versus-financial-freedom/

https://www.aturduit.com/articles/merdeka-secara-finansial/

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − 14 =