Potensial Infrastruktur, Bengkulu Raih Penghargaan IAA 2018 Platinum

Jakarta, BM – Beberapa kepala daerah tingkat kabupaten dan kota serta provinsi terima penghargaan Indonesia’s Attractiveness Award (IAA) 2018. Bengkulu raih penghargaan tingkat Platimun untuk kategori Potensial Infrastruktur. Platinum merupakan tingkat paling prestisius di atas Gold dan Silver.

“Pengukuran Indonesia Attractiveness Index 2018 menggunakan empat dimensi yakni Investasi, Infrastruktur, Pariwisata kemudian Pelayanan Publik,” papar Handi Irawan, CEO Frontier Group saat penyerahan penghargaan di ballroom JW Marriott Hotel Jakarta, Jumat (14/09/18)

Dijelaskan Handi, tujuan pengukuran dan penyebaran hasil pengukuran diantaranya untuk meningkatkan kesadaran kepala daerah akan pentingnya menjadikankan daerah sebagai tujuan investasi dan pembangunan daerah. Kemudian, untuk memberikan inspirasi guna membangun strategi-strategi yang lebih terarah.

“Juga memberikan informasi kepada para investor terhadap kesempatan bisnis investasi-investasi di daerah potensial di Indonesia,” kata Handi Irawan yang juga menerangkan IAA tahun ini merupakan ke-4 kalinya diselenggarakan oleh Tempo Media Group bersama Frontier Counsulting Group.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam sambutannya, menekankan pentingnya membangun sinergi pemerintah pusat dan daerah, serta inovasi kepala daerah dalam melakukan percepatan pembangunan.

“Dukungan pemerintah daerah dengan melakukan debirokratisasi, penyederhanaan proses kemudian mengindentifikasi kesiapan teknologi sebagai inovasi,” terang Menteri Tjahjo Kumolo.

Kepada peraih penghargaan, dirinya berharap gagasan pembangunan daerah bisa terwujud hasilnya dan mampu menginspirasi kepala daerah lainnya.

Rohidin: Bangun Konektivitas Butuh Sinergi Kabupaten/Kota

Usai menerima penghargaan IAA 2018, Pelaksana tugas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah ungkapkan rasa syukur. Kendati demikian, menurutnya ada tanggungjawab yang harus dipikul bersama.

Membangun konektivitas yang menjadi prioritas, dibutuhkan peran serta seluruh masyarakat termasuk sinergi pemerintah kabupaten/kota.

“Penghargaan ini merupakan pengakuan bahwa Bengkulu punya potensi. Sebagaimana presentasi yang kita paparkan saat penjurian, kita mendorong pengembangan konektivitas darat laut serta udara. Kemudian, membangun ini jelas butuh sinergi kabupaten kota,” ujar Rohidin.

Bengkulu, papar Rohidin, terus berupaya dalam membangun konektivitas dalam daerah, juga antar daerah. Selain Proyek Strategis Nasional yang progresnya terus berjalan, dirinya juga terus meyakinkan potensi Pelabuhan Pulau Baai serta pengembangan Bandara Fatmawati.

“Letak Bengkulu ini strategis, perlintasan jalur lautnya bisa menjadi jalur logistik nasional dan internasional. Kemudian pelabuhannya akan kita integrasikan dengan Kawasan Ekonomi Khusus,” ucapnya optimistis.

Seperti diketahui, saat pemaparan potensi infrastruktur Bengkulu, Plt gubernur Rohidin Mersyah menjelaskan rancangan pengembangan pembangunan daerah dengan mendorong pelabuhan Pulau Baai menjadi Pelabuhan Internasional yang terintegrasi dengan KEK.

“Strategi yang kita tawarkan adalah pengembangan Pelabuhan Pulau Baai. Jalur Selat Malaka semakin crowded, Bengkulu yang berada di hadapan Samudera Indonesia bisa menjadi alternatif. Ini pun akan terhubung dengan jalur tol laut, tol trans Sumatera juga rel kereta api serta kawasan ekonomi khusus,” tutur Rohidin usai pemaparan di Jakarta beberapa waktu lalu.

Pelabuhan Pulau Baai, pelabuhan yang berada di Kota Bengkulu tersebut diyakini bakal menjadi daya ungkit ekonomi. Dengan konsep terintegrasi KEK serta infrastruktur strategis, melalui Pulau Baai diyakini Bengkulu menjadi jalur andalan kawasan tengah Pulau Sumatera, sekaligus menjadi sentral pengolahan komoditas wilayah Bengkulu dan sekitarnya bahkan potensi investasi sektor pariwisata.

“Semoga ini bisa terwujud, dan progresnya bisa lancar. Sekali lagi sinergi kabupaten/kota jelas menentukan. Dan Bengkulu kita yakini bisa berkontribusi dalam pembangunan NKRI,” demikian ucap Rohidin. (Jml)

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen + 13 =