Bengkulu Raih Penghargaan Penyaji Terbaik di Konser Karawitan Anak Indonesia 2018

Jakarta,BM-Musik Dhol Bengkulu kembali tampil memukau di pentas musik nasional. Penampilan Sanggar Bumi Gunung Bungkuk, berhasil raih penghargaan sebagai penyaji terbaik dalam Konser Karawitan Anak Indonesia 2018, di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Sabtu (27/10).

Beberapa daerah yang masuk dalam kategori penyaji terbaik antara lain, penghargaan pertama diberikan pada Provinsi Bengkulu, kedua Provinsi Nusa Tenggara Timur, ketiga Provinsi Jawa Timur, keempat Provinsi Sulawesi Tengah, dan kelima Provinsi Bali.

Konser Karawitan ini digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Sebanyak 31 delegasi dari masing provinsi berlomba memberikan penampilan terbaiknya.

Menurut Direktur Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Restu Gunawan, Kegiatan ini mendorong generasi muda untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas seni, terutama minat untuk lebih mengenal, memahami dan menghargai seni, khususnya musik etnik.

Gunawan menambahkan, Konser Karawitan ini menjadi ajang mempopulerkan musik etnik di kalangan masyarakat dan generasi muda. “Banyak sekali pesan-pesan dari kearifan lokal yang dapat kita peroleh dari adanya gelaran ini, serta kaidah estetis berbasis tradisi di mana musik tersebut berkembang,” tambahnya.

Selain menjadi wadah menampilkan kreatifitas anak bangsa, pada kesempatan ini juga dimanfaatkan sebagai ruang pertemuan antara kelompok/sanggar/grup musik, serta para pelaku seni musik untuk berbagi dan bertukar pengalaman. (MC)

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen + six =