Lomba Sarapal Anam Tingkat Pelajar Meriahkan Rangkaian HUT Emas Provinsi Bengkulu

Bengkulu, BM – Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri membuka secara resmi Lomba Sarafal Anam Tingkat Pelajar SMA/SMK/MA sederajat se – Provinsi Bengkulu, Sabtu (10/11) bertempat Rumah Dinas Wakil Gubernur Bengkulu.

Tampak hadir dalam kegiatan ini Kadis pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Budiman Ismaun, Kepala BKD Provinsi Bengkulu Diah Irianti, Kepala DP3APPKB Provinsi Bengkulu Foritha Ramadhani, serta tamu undangan lainnya.

Kegiatan yang merupakan rangkaian HUT Emas Provinsi Bengkulu ke – 50 ini, bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan budaya religi khususnya seni musik serta suara. Kegiatan ini juga sebagai ajang peningkatan prestasi juga melestarikan seni budaya spiritual daerah.

Disamping itu lomba ini dapat meningkatkan citra Sarafal Anam Provinsi Bengkulu ke tingkat nasional bahkan Internasional. Perlombaan ini sendiri diikuti oleh perwakilan pelajar dari 9 Kabupaten dan 1 Kota se Provinsi Bengkulu.

Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri menjelaskan pada tahun ini yang di lombakan adalah Sarafal Anam tingkat SMA sederajad bukan dewasa, hal adalah untuk melestarikan budaya Sarapal Anam dikalangan generasi muda.

“Mungkin sekarang tidak banyak lagi generasi muda yang melakukan Sarafal Anam ini di Provinsi Bengkulu, padahal ini adalah budaya kita,” jelas Hamka Sabri.

Ia menambahkan bahwa generasi muda adalah tokoh penyambung pejuang kebudayaan di Provinsi Bengkulu, sebab jika generasi muda tidak memilki kepedulian terhadap budaya maka dapat dipastikan budaya ini akan punah.

Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di sela – sela kesibukannya juga menyempatkan diri untuk melihat secara langsung Lomba Sarafal Anam Tingkat Pelajar SMA/SMK/MA sederajat se – Provinsi Bengkulu ini.

Dalam kesempatan ini, Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengaku bangga dengan minat generasi muda terhadap budaya Sarafal Anam, menurutnya selama ini yang sering adalah orang – orang tua.

“Ketika anak – anak SMA dengan semangat, antusias, senang gembira mengikuti lomba seperti ini tentu saya atas nama pimpinan daerah senang dan bangga sekali luar biasa,” ungkap Rohidin Mersyah.

Rohidin Mersyah juga menambahkan bahwa ini adalah kempatan yang baik bagi para peserta untuk tampil menampilkan kemampuan terbaik. Menurutnya jika sudah datang ke Bengkulu ini sudah menjadi orang hebat semua.

Jika soal pemenang itu hanya soal keterbatasan piala saja, mungkin kalau pialanya sesuai dengan jumlah peserta ini pasti dapat semua, seloroh Rohidin Mersyah.

“Semangat terus, belajar dengan baik, gali kembangkan budaya yang kita punya sehingga Provinsi Bengkulu menjadi daerah yang bermartabat, berbudaya serta generasi muda yang mempunyai prestasi,” tutup Rohidin Mersyah. (Mrk)

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve + 8 =