banner 1028x90

Bank Bengkulu dan Baznas Kerja Sama Terkait Pemotongan Zakat dari Gaji ASN

Bengkulu, BM – Gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu akan dipotong secara otomatis setiap bulannya sebesar 2,5 persen. Pemotongan ini akan diperuntukkan untuk zakat profesi.

Walikota Bengkulu Helmi Hasan berharap agar seluruh ASN bisa mendukung kebijakan ini. Karena pemotongan ini tidak melanggar regulasi apapun.

“Ini sudah diatur dalam Undang-Undang dengan dasar Sila Ketuhanan Yang Maha Esa yakni diakuinya 5 agama di negara kita. Islam salah satunya, agama islam ini punya kewajiban untuk setiap orangnya yaitu zakat,” jelas Helmi Hasan usai melakukan penandatangan kerjasama dengan Baznas Kota Bengkulu dan Bank Bengkulu, Selasa (21/5/2019).

Menurut Helmi, Baznas sendiri adalah badan yang diberi lisensi dan resmi serta dilahirkan negara untuk memungut dan menyalurkan zakat. “Jadi kalau ada ASN yang tolak pemotongan zakat maka dipertanyakan keislamannya,” imbuhnya.

 

Ia menjelaskan nantinya zakat tersebut akan disalurkan oleh Baznas ke semua aspek masyarakat mulai dari pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial. Contohnya Baznas kerap bantu warga yang sakit untuk berobat.

“Bahkan untuk kebutuhan pokok seperti sembako masyarakat miskin dan yang lainnya Basnaz pun hadir terdepan, maka dari itu ayo kita dukung dana tepat sasaran. Mari kita kawal Baznas,” kata Helmi.

Sementara itu, Direktur Bank Bengkulu Agusalim mengatakan kerjasama ini merupakan hal positif untuk melakukan ukhuwah islaminya. Karena zakat itu wajib dan harus tersalurkan dengan tepat.

“Ikhlas tidak ikhlas itu bukan menjadi masalah lagi maka dari itu 2,5% dipungut. Sehingga Baznas dapat mengarahkan ke pihak yang butuh dan sesuai peruntukannya,” ucapnya.

Ia menambahkan kebijakan ini akan dimulai bulan depan sesuai isi perjanjian yang sudah ditandatangani.

“Untuk Pemerintah Kota terdengar baru, kalau di Bank Bengkulu sendiri karyawan sudah lama melaksanakan peraturan ini, dan tidak ada protes. Memang tujuannya agar mereka sadar akan zakat,” tutupnya. (rl)

 

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics