16 Kota dan Kabupaten di Jawa Barat masih Berstatus Zona Kuning

0
2572
( Peta Jawa Barat ) Net.

Bandung, Beritamerdekaonline.com – Dalam keterangan resmi Pemerintah Jawa Barat menyatakan sebanyak 16 kota dan kabupaten di Jawa Barat berstatus zona kuning penyakit COVID-19. Artinya, pada masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), daerah berstatus tersebut situasinya cukup berat terpapar COVID-19.

Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sedangkan untuk 10 kota dan kabupaten lainnya berstatus zona biru, artinya berada di tataran moderat atau pertengahan. Ridwan mengaku hanya satu daerah yang dianggap rendah terpapar COVID-19 atau zona hijau, yaitu Kabupaten Sukabumi.

“Nah ini menunjukan yang tadi saya sampaikan kepada wali kota dan bupati, enggak bisa berleha-leha, enggak bisa diam – diam saja. Semua harus meningkatkan kewaspadaan karena kita meyakini COVID ini akan panjang urusannya ya. Ini kita sudah tiga bulan seperti ini, sehingga tingkat kewaspadaan jangan turun. Nah, saya motivasi kepada kota yang sudah (zona) biru kembali turun,” kata Ridwan Kamil di Bandung, Jumat, 3 Juli 2020.

Ridwan Kamil mengatakan bahwa daerah yang tingkat paparan COVID-19 mulai melemah atau masuk ke zona biru adalah Kota Bandung. Sebelumnya, beberapa waktu lalu, Kota Bandung masih berstatus zona kuning.

Ridwan Kamil menyebutkan Kota Bandung merupakan satu-satunya daerah berstatus zona biru di kawasan Bandung Raya yang meliputi Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten Subang, dan Kota Sumedang.

“Sementara yang biru lainnya juga turun. Baik Kabupaten Bandung, KBB maupun Sumedang kira-kira begitu. Peningkatan ini memang sudah kita prediksi, sehingga dengan koordinasi yang baik dengan kota dan kabupaten mengingatkan agar tindakan pengetatan terus dilakukan di level mikro atau PSBM,” Ucap Ridwan Kamil.


Penulis : YANA.S

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here