20 Hari, Operasi Sikat Candi 2020 Bekuk 16 Tersangka

0
353
Foto : Kapolres Wonogiri, AKBP Christian Tobing (tengah) menunjukkan barang bukti hasil kejahatan yang disita anggota satreskrim selama Operasi Sikat Candi 2020. (Trianto Hery Suryono)

WONOGIRI, Beritamerdekaonline.com – Tim Reskrim Polres Wonogiri mengamankan 16 tersangka selama Operasi Sikat Candi 2020. Ke-16 tersangka telah ditahan berikut barang bukti. Mereka beraksi di 14 tempat kejadian. Operasi Sikat Candi 2020 telah dilaksanakan selama 20 hari, mulai 6-26 Juli 2020.

Pernyataan itu disampaikan Kapolres Wonogiri, AKBP Christian Tobing, SIK, MH, MSi, CPHR didampingi Kabagops, Kompol Agus Pamungkas, Kasatreskrim Iptu Ghala Rimba Doa Sirrang dan Kasi Propam Iptu Supardi, Selasa (4/8/2020) kepada wartawan di halaman Mapolres Wonogiri.

“Ada 16 tersangka pencurian kendaraan bermotor diamankan selama Operasi Sikat Candi 2020. Anggota reskrim berhasil mengungkap 14 lokasi kejadian pencurian dari ke-16 tersangka,” jelasnya.

Foto : Para tersangka digiring ke ruang tahanan seusai dilakukan konferensi pers di halaman Mapolres Wonogiri. (Trianto Hery Suryono)

Selain tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti sebanyak tujuh unit sepeda motor, satu unit mobil, handphone, linggis, kunci T, senapan angin.

“Kesemua barang bukti itu untuk kejahatan, curas, curanmor ataupun tindak kejahatan lain. Penangkapan tersangka dan penyitaan barang bukti sebagai upaya Polres Wonogiri dalam memberikan rasa aman dan nyaman ditengah pandemi covid-19.”

Pada kesempatan itu, Kapolres menyampaikan terima kasih kepada stake, anggota satreskrim dan instansi terkait atas keberhasilan mengungkap kasus curanmor.

“Ke depan Polres Wonogiri akan terus menerus mengungkap kasus yang meresahkan masyarakat. Ke depan mohon bantuan masyarakat untuk mengamankan barang dan kendaraan. Kunci sepeda motor dengan baik dan seluruh masyarakat jangan memberi kesempatan kepada pelaku untuk melakukan tindak kejahatannya. Polisi akan terus mengungkap kasus dan akan tetap menegakkan hukum,” tandasnya.

Lebih lanjut perwira melati dua ini menyatakan Operasi Sikat Candi 2020 dilaksanakan guna mengungkap pelaku kejahatan terutama pelaku pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan yang terjadi di wilayah Polres Wonogiri. “Masyarakat agar lebih berhati-hati ketika memarkir kendaraan di tempat umum. Lebih waspada ketika bepergian ke luar rumah jangan lupa mengunci pintu,” tegasnya.

Kapolres, menambahkan ke-16 tersangka beralamatkan di Wonogiri, Gunungkidul, Provinsi DIY, Klaten, Boyolali maupun Solo  mereka dijerat pasal sesuai tindak kejahatan. Yakni pasal 363 KUHP ataupun 365 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh hingga 15 tahun. Menurutnya tindak kejahatan para tersangka di antaranya pencurian burung, mencongkel pintu rumah, mencongkel kunci sepeda motor.

Namun ada juga tindak penjambretan dengan dakwan pasal 365 KUHP. Ancaman hukuman sembilan hingga 15 tahun karena penjambretan mengakibatkan korban meninggal dunia. (Trianto Hery Suryono)

Penulis : Trianto Hery Suryono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here