IKK Bermani Ilir-Tebat Karai Telah Selesai, Masyarakat Ucapkan Terima kasih

12575981_175351789488513_1822666114_n
Kepahiang, BM – Telah selesai dibangunnya SPAM-IKK (System Penyediaan Air Minum Ibu Kota Kecamatan) di dua Kecamatan Bermani Ilir dan Tebat Karai ini dapat mengatasi kekurangan air di dua kecamatan tersebut. Untuk Kecamatan Tebat Karai akan melayani SPAM-IKK di 6 desa yaitu, Talang Karet, Tebing Penyamun, Peraduan Binjai, Penanjung Panjang, Penanjung Panjang Atas Dan Taba Air Pauh dan di Kecamatan Bermani Ilir akan melayani SPAM-IKK di 5 desa yaitu, Gunung Agung, Keban Agung, Embong Ijuk, Talang Pito Dan  Pagar Agung.
Tujuan dibangunnya SPAM-IKK Seperti dilansirkan (ciptakarya.pu.go.id) Plh. Kepala Dinas PU Provinsi Bengkulu, Yulia Ermiana mengatakan, SPAM-IKK bertujuan untuk mendukung program pemerintah yakni pelayanan akses aman air minum untuk semua (universal access) di seluruh wilayah kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu.

Adapun pelaksanaan Pembangunan SPAM-IKK memiliki tujuan yaitu : 1.Meningkatkan kualitas hasil pembangunan infrastruktur SPAM-IKK. 2.Meningkatkan akses masyarakat terhadap kebutuhan dasar SPAM diwilayah IKK. 3.Menjamin peran serta aktif para pemangku kepentingan dalampelaksanaan pembangunan SPAM-IKK.
Sasaran Pelaksanaan SPAM-IKK adalah: 1.Tersedianya SPAM-IKK yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat berkualitas, berkelanjutan, dan berwawasan lingkungan serta memenuhi ketentuan teknis yang berlaku. 2.Meningkatnya kemampuan masyarakat dikota kecil dan di perdesaan dalam penyelenggaraan SPAM. 3.Meningkatnya kemampuan aparatur pemerintah daerah sebagai fasilitator dari pelaksanaan pembangunan dikota kecil dan perdesaan. 4.Terlaksananya penyelenggaraan pembangunan SPAM IKK partisipatif, transparan, akuntabel, dan berkelanjutan.

“Sektor air minum merupakan aspek pembangunan yang memiliki fungsi penting dalam menunjang tingkat kesejahteraan masyarakat, karena berkaitan dengan kesehatan, pola hidup, kondisi lingkungan permukiman serta kenyamanan dalam kehidupan sehari-hari. Pelayanan air minum yang baik tentunya akan memberikan dampak pada perbaikan sosial, ekonomi dan lingkungan. Namun untuk mencapai tingkat pelayanan yang baik perlu didukung dengan penyediaan infrastruktur yang handal,” ujar Yulia.

Sementara itu, kemampuan layanan IKK tersebut mampu melayani 1200 KK (Kepala Keluarga,red) dengan asumsi operasional  75 persen termanfaatkan. Senada dengan itu Dirut PDAM Tirta Alami, Karmolis Merigi, ST dan Masyarakat Kecamatan Bermain Ilir Dan Kecamatan Tebat Karai mengatakan ucapan terima kasihnya telah selasai dibagunnya SPAM-IKK tersebut.

12583614_175351796155179_1212513172_n
“Kita (Dirut PDAM Tirta Alami dan masyarakat,red) sangat berterima kasih pada Kepala Satker PAMS  Provinsi Bengkulu, Dolly Agus Setiawan yang telah membangun SPAM-IKK tersebut, dengan adanya SPAM-IKK dapat mengatasi kekurangan air di dua kecamatan tersebut. Harapan kita kedepan akan dibangun IKK di Kecamatan Muara Kemumu dan Kecamatan Kabawetan, supaya Kabupaten Kepahiang dapat terlayani 100 persen air minum sesuai dengan program pak presiden kita 100-0-100 (100 persen terlayani air minum, 0 persen pemukiman kumuh dan 100 persen terlayani sanitasi)”. Tutupnya. (Dn)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve + 8 =