2019 Bengkulu Tuan Rumah Gelar TTG Nasional Ke-XXI

0
2

Bengkulu, BM –Menyukseskan salah satu perhelatan tingkat Nasional, Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXI Tahun 2019, selaku tuan Rumah Pemda Provinsi Bengkulu saat ini telah melakukan beberapa persiapan, mulai dari persiaapan perencanaan, anggaran hingga kesiapan teknis lainnya. Persiapan awal ini diakukan dengan melaksanakan Ekspose Rencana Penyelenggaraan Gelar TTG Nasional XXI Tahun 2019, di Ruang Rapat Lantai III Kantor Gubernur, Selasa (25/09).

Asisten III Setda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto mengatakan, mengingat perhelatan Nasional ini akan mendatangkan sekitar 6 ribu perwakilan masyarakat Indonesia ke Bumi Rafflesia, tentunya Bengkulu perlu mempersiapkan sarana transportasi dan fasilitas penginapan yang cukup dan berkualitas.

Untuk itu sudah seharusnya event ini dipersiapkan secara matang dan membutuhkan kerjasama semua pihak, terutama seluruh OPD di jajaran Pemda Provinsi Bengkulu dibawah komando Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) selaku panitia pelaksana utama.

“Karena nanti terkait misalnya ketersediaan akomodasi hotel dan sebagainya, ini perlu berjasama pihak terkait. Sehingga apa yang perlu dipersiapkan bisa terencana dengan baik menyambut TTG Nasional XXI 2019,” jelas Gotri Suyanto saat memimpin jalannya rapat.

Dijelakan Kadis PMD Provinsi Bengkulu Ali Sadikin, terpilihnya Provinsi Bengkulu sebagai tuan rumah Gelar TTG Nasional XXI 2019, berdasarkan hasil Rakernis saat pelaksanaan TTG Nasional di Palu Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) pada 2017 lalu. Dimana pada Rakernis tersebut 2 provinsi lainnya juga mengusulkan menjadi tuan rumah TTG XXI 2019, yaitu Provinsi Jawa Barat dan Papua.

“Dari 34 Kadis PMD atau Provinsi yang hadir, 22 Provinsi yang memberikan dukungan kepada Bengkulu untuk menjadi tuan rumah. Dan sebelumnya kami juga telah meminta petunjuk dari Bapak Plt Gubernur,” terang Ali Sadikin.

Lanjutnya, Gelar TTG Nasional yang merupakan program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), merupakan instrumen bagi inovator untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa melalui berbagai temuan yang berbasis kearifan lokal.

“TTG merupakan salah satu cara atau pendekatan yang ampuh dalam upaya mendorong percepatan mewujudkan kemandirian masyarakat desa. Kita berharap sentuhan TTG di Bengkulu mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi di tingkat desa,” ujarnya.

Dari hasil rapat Ekspose Rencana Penyelenggaraan Gelar TTG Nasional XXI Tahun 2019 ini, pelaksanaan rencananya akan dipusatkan di Sport Centre Pantai Panjang Kota Bengkulu, pada September atau Oktober 2019 mendatang. Dengan luas lokasi acara 1,2 hektar, 222 unit stand akan dipersiapkan untuk seluruh Provinsi dan instansi terkait lainnya. (Rn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 5 =