KUBE, Perkuat Budaya Wirausaha dan Kemandirian Ekonomi

Bengkulu, BM – Lima Puluh KUBE (kelompok usaha bersama) Kota Bengkulu mendapatkan suntikan modal usaha. Tiap kelompok diberikan bantuan modal hingga 20 juta rupiah.

“Kube, merupakan media menjalin kerja sama dalam kelompok rumah tangga, yang menjadi sarana meningkatkan usaha produktif. Tujuannya, agar tumbuh kemandirian ekonomi,” terang Pelaksana tugas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah usai memberikan buku rekening Kube, Rabu (08/10/18).

Menurut Rohidin, KUBE merupakan langkah strategis dalam Program Keluarga Harapan (PKH). Dengan KUBE, selain sebagai upaya pencapaian tujuan pokok PKH dalam meningkatkan peran aktif dan komitmen peserta PKH, tetapi ada manfaat ekonomis yang menjadi sebuah inovasi terobosan pencapaian peningkatan kesejahteraan pesertanya.

“Untuk di Kota Bengkulu, bisa kolaborasikan dengan program Walikota misalnya Samisake. Program yang menumbuhkan UMKM produktif sekarang sedang digalakkan, ada kredit bunga ringan dari perbankan, begitu juga pelatihan manajemen keuangan. Manfaatkan peluang dan kesempatan ini semua,” papar Rohidin, di halaman Rumah dinas Wakil Gubernur

Program pemerintah dalam menekan angka kemiskinan, lanjut Rohidin, sesungguhnya telah banyak berbagai bantuan digelontorkan. Baik secara tunai atau non tunai, serta berupa barang kebutuhan pokok. Itu semua ia nilai tak akan mampu mengangkat kondisi miskin menjadi tidak miskin. Tetapi, program usaha diyakini mampu memberikan dampak berkelanjutan agar tak selalu bertopang pada bantuan-bantuan.

“Angka kemiskinan yang tinggi ada di Kaur, Bengkulu Selatan, Seluma, Rejang Lebong dan juga Kota Bengkulu. Ini di Kota Bengkulu 50 Kube berarti mencapai 500 rumah tangga sebagai anggota. Kalau ini bisa terangkat kondisinya, maka angka kemiskinan itu juga tertekan, kita juga lakukan di kabupaten,” demikian optimistis Pelaksana tugas Gubernur, Rohidin Mersyah. (Jml)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine − 3 =