Bahas Peran Strategis, OJK dan SMSI Bengkulu Siap Bersinergi

Bengkulu, BM – Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bengkulu Yusri menggelar silaturahmi bersama pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bengkulu. Silaturahmi yang dibarengi ngopi itu digelar di halaman Kantor OJK Bengkulu pada, Rabu (6/3/2019) sore. Yusri didampingi sejumlah pejabat teras OJK Bengkulu nampak memperkenalkan diri dan profil OJK dalam menjalankan peran dan fungsinya.

Kegiatan silaturahmi itu dihadiri oleh 20 pemimpin media siber (online) di Bengkulu yang merupakan anggota dari SMSI Bengkulu.

Meski baru bertugas selama 2 bulan di Bengkulu, Yusri mengaku kerasan dengan suasana kerja dan kondisi sosial masyarakat di Bengkulu. Hal itu diakuinya dengan beberapa insiden yang menyangkut fungsi pengawasan OJK namun tidak menimbulkan gejolak sosial.

“Waktu OJK menyatakan Bank Syafir tutup, tidak ada gejolak masyarakat (konsumen), mereka semua menerima penjelasan dari OJK, ini bukti kesadaran hukum masyarakat Bengkulu sangat tinggi, kalau di daerah lain bisa jadi terjadi keributan,” papar Yusri.

Dalam kesempatan itu, Yusri juga memaparkan berbagai fungsi OJK yakni menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuangan. OJK juga mempunyai tugas melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan di sektor Perbankan, sektor Pasar Modal, dan sektor IKNB.

Sementara tujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah agar keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan terselenggara secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel, juga mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil, dan mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

Dalam silaturahmi itu juga digagas sinergi antara OJK Bengkulu dan media siber yang tergabung di SMSI untuk bersama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat terkait peran dan fungsi OJK dalam melindungi hak-hak masyarakat dan konsumen.

Diskusi yang berlangsung sekitar 2 jam itu diisi dengan berbagai tanya jawab antara pemimpin media siber dengan jajaran OJK. Semua pertanyaan dari audiens dijawab dengan gamblang oleh Yasri didampingi oleh jajarannya.

Sementara menurut Bendahara SMSI Bengkulu Erlan Oktriandi, dengan silaturahmi itu dia berharap SMSI akan menjadi mitra kerja OJK kedepan. Erlan memberikan contoh saat ini masih banyak masyarakat yang menjadi korban lembaga keuangan namun belum memahami mekanisme dalam menuntut hak-haknya. Dengan peran dan fungsi media, diharapkan peran strategis OJK dapat tersosialisasi dengan baik kepada masyarakat.

“Harapan kita, SMSI menjadi salah satu mitra OJK dalam menyampaikan edukasi dan informasi terkait lalu lintas lembaga jasa keuangan yang semakin pesat dan berkembang, apalagi, informasi digital melalui media siber saat ini sudah merambah ke pedesaan, ini merupakan momentum bersinegi antara media siber dan OJK, dengan harapan, masyarakat dapat teredukasi dengan baik, menerima informasi secara transparan dan dapat mengakses OJK sesuai kebutuhan dan kepentingannya,” ujar Erlan. (BM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 − sixteen =