Hasil Pendataan, Stok Hewan Kurban Bengkulu Tengah Aman

0
9

Benteng, BM – Mendekati Hari Raya Idul Adha 1440 H, Dinas Pertanian Bengkulu Tengah (Benteng) memastikan stok hewan kurban di Kabupaten Benteng dalam keadaan aman.

Kepala Dinas Pertanian Bengkulu Tengah Drs. Supawan Said, melalui Kepala Bidang Perternakan Desi Murdianty menuturkan jika dibandingkan dengan tahun lalu, stok hewan kurban tahun ini terbilang meningkat.

“Berdasarkan hasil pendataan yang kita lakukan dilapangan, total hewan kurban yang tersedia itu berjumlah 519 ekor. Dan semuanya sudah masuk dalam kategori siap kurban,” ujar Desi, Jumat (09/8/2019).

“Untuk sapi ada 305 ekor, kerbau ada 75 ekor, kambing 93 ekor dan domba ada 46 ekor. Meskipun jumlah stok meningkat akan tetapi jumlah pembeli hewan kurban tersebut dirasa sedikit menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” tambahnya.

Pada saat melakukan pendataan pihaknya juga melakukan sosialisasi hewan kurban kepada masyarakat maupun pengurus masjid terkait tata cara pemotongan dan pemilihan hewan kurban.

“Masyarakat harus pintar menilai dan meneliti hewan yang dipilih. Baik itu kesehatannya maupun untuk umur hewan itu sendiri. Untuk domba minimal berusia 1 tahun, sedangkan untuk kambing, sapi, dan kerbau itu minimal 2 tahun,” pungkasnya.

Untuk penyembelian maupun pembagian hewan kurban, lanjutnya, masyarakat maupun panitia kurban diharapkan untuk bisa lebih teliti dalam pembagian daging.

“Mereka harus tahu, jika daging tersebut sudah tidak bagus ataupun ada bagian hati atau empela yang dinilai rusak agar kiranya untuk tidak dibagikan ke masyarakat. Dan diharapkan untuk dibuang bagian bagian yang dinilai janggal. Karena jika tidak maka bukan tidak mungkin akan berdampak pada kesehatan masyarakat yang mengkonsumsinya,” demikian Desi. (BM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seven − one =