Musim Kemarau, Dinas Pertanian Benteng Siapkan Mesin Penyedot Air

0
80
Musim Kemarau, Dinas Pertanian Benteng Siapkan Mesin Penyedot Air
Musim Kemarau, Dinas Pertanian Benteng Siapkan Mesin Penyedot Air

Benteng,- Menghadapi musim kemarau beberapa bulan terakhir, Dinas Pertanian dan Perternakan Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mengaku sudah menyiapkan mesin penyedot air bagi para kelompok tani.

“Kita sudah antisipasi hal tersebut,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan Benteng, Supawan, Kamis (15/08/2019).

Namun demikian, jika memungkinkan ada sumber air di persawahan para kelompok tani bisa mengajukan mesin penyedot air ke pihaknya.

“Saya sarankan untuk cuaca seperti ini petani jangan turun ke sawah dulu. Seumpama ada petani yang terlanjur turun ke sawah tapi memungkinkan ada sumber air, kita sediakan mesin penyedot air,” kata Supawan.

“Itu khusus petani yang tidak menggunakan irigasi. Kalau petani yang menggunakan irigasi mau kemarau pun bisa bertanam,” ulasnya.

Untuk menghadapi musim kemarau seperti sekarang ini, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah melalui Dinas Pertanian dan Peternakan sudah menyiapkan empat titik sumur bor di Desa Pasar Pedati. Namun dikarenakan ada faktor kesalahan teknis dalam pengeboran, air yang dihasilkan tidak dapat digunakan.

“Untuk pengeboran tersebut harus sesuai dengan ketinggian permukaan, kalau salah mengebor maka air yang dihasilkan asin dan tidak bisa digunakan,” pungkasnya. (MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here