Kemeriahan Festival Kesenian 10 Kabupaten/Kota Se-Provinsi Bengkulu 2019 Bius Pengunjung

Kemeriahan Festival Kesenian 10 Kabupaten/Kota Se-Provinsi Bengkulu 2019 Bius Pengunjung
Kemeriahan Festival Kesenian 10 Kabupaten/Kota Se-Provinsi Bengkulu 2019 Bius Pengunjung

Bengkulu, BM – Festival Tabut Bengkulu 2019 yang saat ini masuk Top 30 Calendar Of Events Wonderful Indonesia Kemenpar RI, semakin meriah dengan penampilan Festival Kesenian 10 Kabupaten/Kota Se-Provinsi Bengkulu, di Panggung Utama Lapangan Merdeka Bengkulu, (07/09).

Selain meriah Festival ini juga dipadati pengunjung, baik dari masyarakat kabupaten/kota Se-Provinsi Bengkulu maupun dari daerah luar, bahkan dari wisatawan mancanegara.

Adapun beberapa kesenian yang ditampilkan dalam kesempatanitu, diantaranya kesenian dari Kabupaten Rejang Lebong menampilkan Tari Ganyang Nunggal Belesung, Kabupaten Bengkulu Utara menampilkan Tari Beto’ok, Kabupaten Bengkulu Selatan menampilkan Tari Rentak Kudau, Kabupaten Mukomuko menampilkan Tari Oyak Baku dan Kabupaten Seluma menampilkan Tari Ngambik Aiak serta guest performance dari Sanggar Padang Panjang Sumatera Barat menampilkan Tari Bagaluik.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Irsan Setiawan mengatakan, Festivak Kesenian 10 Kabupaten/Kota Se-Provinsi Bengkulu memang selalu ditampilkan dalam memeriahkan rangkaian Festival Tabut setiap tahunnya. Namun ada yang berbeda dari tahun sebelumnya, yaitu mulai dari sajian penampilan yang memukau hingga tertibnya acara.

“Ini merupakan prestasi kita bersama, yang bisa menampilkan kesenian dari 10 kabupaten/kota dengan sangat memukau. Terlebih bisa kita lihat antusias pengunjung sangat tinggi dan tadi juga ada dari wisatawan mancanegara,” ungkap Irsan disela-sela festival.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Bengkulu Jaduliwan. Menurutnya, penampilan yang luar biasa dari para peserta setiap kabupaten/kota telah membius pada penonton dan pengamat. Sehingga kedepan diharapkan penampilan dari masing-masing daerah ini juga bisa mewakili Bengkulu ke tingkat nasional bahkan internasional.

“Kami dari Dinas Kominfotik Provinsi Bengkulu apresiasi tinggi atas meriahnya Festival Kesenian Kabupaten/Kota ini. Kami yakin bahwa Festival Tabut akan menjadi salah satu event pariwisata unggulan bernilai tinggi jika disetiap tahun terus dilakukan pembenahan,” kata Jaduliwan.

Selain Festival Kesenian 10 Kabupaten/Kota Se-Provinsi Bengkulu, dalam kesempatan itu juga dilaksanakan Ritual Tabut Souja. Ritual ini merupakan bentuk penghormatan kepada Tabut yang lebih tinggi kedudukannya yaitu kepada Tabut Imam dan Tabut Bangsal. (MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 5 =