Soal Rekonsiliasi Data, Dinas ESDM Diminta Tegas

0
23
Direktur PT BMQ Nurul Awaliyah (kanan), GM PT BMQ Bengkulu Eka Nurdianty Anwar (tengah) dan staf ESDM Provinsi Bengkulu saat melakukan rekonsiliasi pengecekan dokumen keabsahan perusahaan, Kamis (12/9).

Bengkulu, – Dinas ESDM Provinsi Bengkulu menggelar rekonsiliasi perusahaan pertambangan, Kamis (12/9).

Ada sekitar 39 perusahaan yang ikut. Salah satunya PT Bara Mega Quantum (BMQ) versi Nurul Awaliyah.

“Rekonsiliasi ini dalam rangka kevalidan data soal perizinan dan sebagainya. Upgrade data serta perbaikan administrasi perusahaan pertambangan di Provinsi Bengkulu,” terang Kasi Pengusahaan Minerba dan Logam ESDM Bengkulu, Bambang Irawan.

Terkait rekonsiliasi ini Direktur Utama PT BMQ Nurul Awaliyah meminta pihak Dinas ESDM Provinsi Bengkulu untuk tegas soal dua versi kepemilikan PT BMQ ini.

“Dinas ESDM harus objektif dan tegas dengan kelengkapan dokumen yang ada. Jangan mencari-cari kesalahan serta mencari-cari dokumen yang tidak ada. Kepemilikan yang sah secara hukum itu adalah PT BMQ yang Direktur Utamanya adalah saya,” cetus Nurul Awaliyah.

Dijelaskannya juga bahwa rekonsiliasi perusahaannya telah dilakukan sejak tahun 2016 lalu.

Hingga saat ini belum ada perubahan data yang terjadi.

“Ini artinya kepemilikan PT BMQ adalah saya dan bukan kubu Dinmar,” tegasnya.

Senada juga diungkapkan Branch Manager PT BMQ Eka Nurdianty Anwar.

Ia menambahkan rekonsiliasi data kali ini juga masih sama komposisinya pada tahun sebelumnya, yaitu tahun 2016.

“Hari ini kita hadir langsung bersama Direktur Utama BMQ Ibu Nurul Awaliyah, dan data rekonsiliasi tidak ada perubahan masih sama dari tahun 2016 lalu,” jelasnya.

Namun, lanjutnya, ada dokumen yang tidak pihaknya miliki adalah Kepala Teknik Tambang (KTT) dan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) yang belum dimilikinya, pasalnya ESDM memberikannya kepada orang yang tidak berhak dengan patokan SK 267 tahun 2011 yang tidak pernah ada.

“Menurut surat Ombudsman Republik Indonesia perizinan diteruskan untuk PT BMQ sesuai hukum dan perundangan-undangan yang berlaku yaitu kami sesuai rekonsiliasi dengan KPK dan ESDM Provinsi diwakili Kadis ESDM Hermansyah Burhan dan PT BMQ Eka Nurdianty terakhir 28 juli tahun 2016,” bebernya.

Dari pantauan media ini Dinas ESDM Provinsi Bengkulu menerima dua versi rekonsiliasi data perusahaan pertambangan yaitu PT BMQ versi Nurul Awaliyah dan PT BMQ versi Dinmar Najamudin.

Dalam rekonsiliasi data perusahaan pertambangan tersebut pihak Dinmar Najamudin tidak hadir, yang datang hanya perwakilannya saja.

Dilain pihak ketika dikonfirmasi Kepala Bidang Mineral dan Batu Bara dan Kasi Pengusahaan Mineral Logam dan Batu Bara Dinas ESDM Provinsi Bengkulu enggan berkomentar soal diterimanya dua rekonsiliasi data perusahaan pertambangan PT BMQ versi Nurul Awaliyah dan PT BMQ versi Dinmar Najamudin. (MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × two =