Diduga Gara-gara Bakar Sampah, Lahan Milik Warga Kebakaran

0
89
Diduga Gara-gara Bakar Sampah, Lahan Milik Warga Kebakaran
Diduga Gara-gara Bakar Sampah, Lahan Milik Warga Kebakaran

Benteng – Usai melalap warung milik warga di Kecamatan Taba Penanjung, dan membumikan haguskan mess PT. KRU Semidang Lagan serta lahan warga Desa Baturaja, lagi-lagi si jago merah kembali melahap lahan warga di tepi jalan lintas Bengkulu-Curup tepatnya di Desa Talang Empat Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), Rabu (18/09/2019).

Data terhimpun Media Sinergi, api diduga berasal dari tumpukan sampah di tepi jalan yang sengaja dibakar oleh salah satu warga. Namun dikarenakan kondisi cuaca yang sangat panas, api akhirnya merambah ke sebagian lahan warga. Untung kejadian tersebut terpantau langsung oleh awak media dan Babinkantibmas polsek Karang Tinggi dan kemudian melaporkan kejadian itu ke Dinas Pemadam Kebakaran Bengkulu Tengah.

Mendapati laporan tersebut, belasan personil Damkar diturunkan kelokasi untuk melakukan pemadaman dengan mengerahkan satu unit mobil damkar yang di pos C Taba Penanjung.

“Mengingat cuaca ini panas, kami bersama belasan personil turun melakukan pemadaman dibeberapa titik api agar tidak merambah ke lahan dan pemukiman warga,” ujar salah satu personil Damkar, Meki Sofyan usai melakukan pemadaman.

Mengingat cuaca saat ini masuk dalam kategori darurat kebakaran, Dinas Pemadam Bahaya Kebakaran telah mempersiapkan 4 unit damkar sebagai bentuk antisipasi.

“Untuk personil maupun kendaraan sudah disiapkan 24 jam untuk mengantisipasi kebakaran yang suatu waktu bisa terjadi,” ungkap Meky.

Terpisah Kepala Dinas Damkar Bengkulu Tengah Bambang Irawan menuturkan, pihaknya menghimbau agar semua pihak untuk tidak membakar sampah sembarangan serta mengindarkan pembuangan puntung rokok disembarang tempat, mengingat cuaca saat ini rentan yang namanya kebakaran. Baik itu kebakaran lahan maupun pemukiman.

“Saya himbau kepada masyarakat agar tidak membuang puntung rokok sembarangan. Dan bagi mereka yang membakar sampah kiranya untuk terus dipantau agar api tidak merambah kemana-mana,” demikian Bambang. (MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here