Material Longsoran Gunung Timbuni Badan Jalan di Kluet Utara

Photo : Seorang pengendara sepeda motor sedang berusaha melewati jalan berlumpur di Gampong Gunung Pudung.

Aceh Selatan – Material longsoran gunung menimbuni badan jalan penghubung antara Gampong Gunung Pudung dan Gampong Alur Mas, Kecamatan Kluet Utara, Aceh Selatan.

Menurut keterangan sejumlah warga Gampong Gunung Pudung, material longsoran gunung yang menutup badan jalan tersebut sudah berlangsung lama.

Kendati setiap terjadi longsor ditangani oleh pihak terkait, namun sisa – sisa material longsoran sepanjang 50 meter masih menimbuni badan jalan.

“Badan jalan ini dipenuhi lumpur dan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua,” ungkap warga Gampong Gunung Pudung kepada awak media di Tapaktuan, Rabu (16/10/2019).

Secara terpisah, Camat Kluet Utara H Zainal SE membenarkan, material longsoran gunung menutupi badan jalan penghubung antara Gampong Gunung Pudung dan Gampong Alur Mas.

“Selain menimbuni badan jalan, longsoran gunung itu juga menimbuni saluran irigasi sehingga air tidak mengalir secara normal ke areal persawahan,” ujarnya.

Begitu juga, lanjutnya, dengan badan jalan penghubung antara Panton Silaseh Krung Batu dan Gampong Gunung Pulo, juga sering tertimbun material longsoran gunung.

“Jika hujan turun, material longsoran gunung mencapai 500 meter menutupi badan jalan dan juga menimbuni saluran irigasi. Akibatnya, saluran irigasi tersumbat total,” ucapnya.

Atas kondisi tersebut, tambah H Zainal, pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas terkait agar dapat dibangun pengaman tebing di dua lokasi tersebut.

“Ya, saya akan segera berkoordinasi secepatnya dengan dinas terkait untuk mengatasi masalah ini supaya tidak berkelanjutan hal seperti ini,” pungkasnya. (ATK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 + 6 =