Pelajar Kota Bengkulu Tampil di Pekan Budaya Nasional

Pelajar Kota Bengkulu Tampil di Pekan Budaya Nasional
Pelajar Kota Bengkulu Tampil di Pekan Budaya Nasional

Bengkulu, BM – Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud sukses menggelar Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019 pada 7-13 Oktober 2019 di Istora Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta. Penyelenggaraan PKN pertama ini menampilkan berbagai kebudayaan dan kesenian seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Kota Bengkulu yang diwakili pelajar SMPN 9 Kota Bengkulu turut serta pada Parade Digdaya Nusantara pada malam penutupan Pekan Kebudayaan Nusantara.

Pekan Kebudayaan Nasional yang mengusung tema “Ruang Bersama Indonesia Bahagia” hampir sama dengan Visi Pemkot Bengkulu dalam mewujudkan Kota Bengkulu yang Religius dan Bahagia.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan pada Dinas Pendidikan Kota Bengkulu Martina membenarkan pelajar Kota Bengkulu dari SMPN 9 Kota Bengkulu ikut tampil pada Pekan Kebudayaan Nasional.

“Sebagai penerima program bantuan Pemerintah Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS), diwajibkan dalam mengisi pada kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN). Oleh karena itu, hampir kurang lebih 2 bulan Kita mempersiapkan anak anak yang tampil yang sudah ditunjuk oleh seniman GSMS yaitu pelajar dari Siswa SMPN 9 Kota Bengkulu,” ujar Kabid Kebudayaan Diknas Kota Bengkulu, Martina, Rabu (16/10/2019).

Ia menambahkan, anak anak pelajar kita ikut serta berkolaborasi dengan anak anak dari provinsi lainnya dibawah instruktrur seniman koreografer Denni Malik pada parade digdaya budaya nusantara.

“Alhamdulilah anak kita berada pada barisan paling depan sehingga dapat memukau ratusan ribu tamu undangan yang hadir pada Pekan Kebudayaan Nusantara di Istora Senayan Gelora Bung Karno. Anak kita tampil dengan membawa tari lenso dan kuda lumping, di bawah pelatih tari Agustina, S.sn. berkat kerja keras tim kita anak anak kota Bengkulu tampil di posisi depan,” ujarnya.

Untuk diketahui, Parade Digdaya Nusantara tersebut diikuti 35 kelompok kesenian dari 26 Provinsi, dengan total peserta sekitar 4.233 orang menampilkan pertunjukan kesenian secara kolaboratif sebagai bentuk kekuatan budaya bangsa Indonesia. (MS)

Artikel ini telah tayang di https://www.dutawarta.com/pelajar-kota-bengkulu-tampil-di-parade-pekan-kebudayaan-nasional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 − one =