BNNK Bengkulu Gelar Diseminasi P4GN kepada Lurah se-Kota Bengkulu

0
33

Bengkulu, BM – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bengkulu menggelar Diseminasi Informasi P4GN melalui Talkshow bersama Kepala Kelurahan (Lurah) se- Kota Bengkulu di Ballroom Rhadika Jodipati Hotel, Kota Bengkulu.

Kegiatan ini guna bersinergi dalam upaya penanggulangan masalah narkoba untuk mewujudkan Kota Bengkulu bersih dari narkoba.

Kepala BNN Kota Bengkulu, AKBP Alexander S, Soeki, S.Sos mengatakan upaya mengikis peredaran gelap narkoba yang membahayakan masyarakat harus terus dilakukan dengan wujud nyata untuk melakukan program pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) salah satunya dengan bersinergi pada semua stakeholder.

“Setiap upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) tidak akan pernah berhasil apabila tidak ada keterlibatan pemerintah daerah dan seluruh komponen masyarakat,” sampai Alex sapaan akrabnya.

Maksud dari kegiatan ini, lanjutnya, dengan mengangkat topik “Drug Awareness and Prevention“, ini sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan masalah narkoba, sehingga terwujud Kota Bengkulu bersih dari narkoba.

“Sedangkan tujuannya, untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran pemerintah daerah dan masyarakat agar berperan aktif serta saling berkerja sama dalam melaksanakan program P4GN di lingkungan masing-masing, dengan semua berperan aktif mudah-mudahan kedepan Kota Bengkulu terbebas dari narkoba,” harapnya.

Sementara itu, mewakili Wali Kota Bengkulu Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Bengkulu, Drs. Bujang HR mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk sinergi Pemerintah Kota Bengkulu dengan BNN.

“Kita selalu menyupport pihak BNN dalam upaya penanggulangan masalah narkoba ini, dengan mengikuti sertakan lapisan paling bawah yaitu, Kepala Kelurahan se-Kota Bengkulu untuk ikut diberikan sosialisasi tentang bahaya narkoba dan bagaimana pencegahannya,” ujarnya, Selasa (29/10/2019).

Dirinya berharap kepada Kepala Kelurahan se-Kota Bengkulu ini bisa menjadi perpanjangan tangan dari BNN itu sendiri dan semua lapisan masyarakat ikut berpartisipasi dalam memerangi narkoba.

“Seperti yang dikatakan pihak BNN tadi, Kota Bengkulu sudah masuk darurat narkoba, maka dari itu kedepan kita akan terus melakukan kegiatan seperti ini, mudah-mudahan nanti paling tidak bisa mengurangi angka prevalensi pengguna narkoba di Bengkulu ini,” harapnya.

Senada demikian, Sekretaris Kelurahan Pasar Bengkulu Kecamatan Sungai Serut, Mahyudin mengatakan kegiatan ini sangat bagus, dirinya berharap kegiatan ini harus rutin dilakukan agar pihaknya bisa menjadi perpanjangan tangan dari BNN itu sendiri.

“Paling tidak sebulan sekali ada kegiatan sosialisasi soal P4GN ini. Selain itu, kami juga sudah mulai melakukan semacam imbauan dan sosialisasi soal bahaya narkoba kepada masyarakat sekitar Kelurahan Pasar Bengkulu, karena kita tau narkoba ini sudah menyasar ke kalangan pemuda, jadi kami imbau orang tau nya agar menjaga anaknya untuk tidak terlibat dengan pergaulan yang menyimpang,” tutupnya.

Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Setda Kota Bengkulu, Drs. Bujang HR sebagai pemateri pertama menyampaikan soal pentingnya peran aktif masyarakat dalam mengatasi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Kota Bengkulu.

Sedangkan Kepala BNN Kota Bengkulu, AKBP Alexander S, Soeki, S.Sos sebagai pemateri kedua menyampaikan soal narkoba dan permasalahannya.

Perlu diketahui, pihak BNN Kota Bengkulu menargetkan tahun 2020 program Kelurahan Bersinar bisa berjalan di seluruh kelurahan di Kota Bengkulu. Kegiatan ini juga dilakukan tes urine bagi 50 Kepala Kelurahan se-Kota Bengkulu. (BM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here