Babinsa Koramil, Berikan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS)

0
294
Foto : Serka Purnomo yang sedang memberikan materi kepemimpinan pada siswa-siswi pengurus OSIS SMKN Negeri Nusawungu Di Aula SMKN Nusawungu, Selasa (12/11/2019). (Pendim Cilacap).

CILACAP, BM – Selama dua hari Babinsa Koramil 05/Nusawungu Serka Purnomo  berikan latihan dasar kepemimpinan (LDKS) kepada siswa-siswi pengurus OSIS SMKN Nusawungu yang berjumlah 64 orang, pelaksanaan yang dimulai sejak senin kemarin dan berakhir selasa ( 12/11/2019) di Aula SMKN Nusawungu Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Rangkaian kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa diantaranya, melakukan Upacara Pembukaan LDKS dibuka oleh kepala sekolah SMKN Nusawungu Navi Dianwintarsih S. Pd, M pd. Serta dihadiri kasis Hadi prayitno S. Pd. dan Ribut Sutarto S. Pd, Serka Purnomo, yang kemudian dilanjutkan dengan materi Latihan Dasar Kepemimpinan teori.

Dijelaskan Serka Purnomo, Kegiatan Siswa ini merupakan bagian dari generasi muda penerus cita-cita bangsa dengan memberikannya pendidikan terbaik dalam rangka menyiapkan calon pemimpin yang tangguh dan tahan uji untuk menuju masa depan yang gemilang sehingga mampu menjadi tonggak kemajuan bangsa indonesia.

“LDKS merupakan tahap pertama yang harus dilalui oleh para siswa dan siswi sebelum masuk menjadi pengurus OSIS, dimana siswa harus terlebih dahulu mengikuti LDKS, karena itu adalah syarat utama dalam kepengurusan OSIS,” papar Serka Purnomo.

Lanjutnya, dalam pelatihan ini punya peranan penting untuk membangun karakter, disiplin kepemimpinan agar dimasa depan nanti ia bisa memberikan kontribusi terbaiknya untuk keluarga dan masyarakat.

“Semua siswa harus mengikuti semua aturan yang sudah ditetapkan sesuai aturan yang berlaku dan apabila ada yang melanggar, sangsi pun diberlakukan,” ungkapnya.

Senada, kepala sekolah SMKN Nusawungu Navi Dianwintarsih S. Pd, M pd, mengatakan, dalam melaksanakan tugas kepengurusan, di perlukan adanya pembinaan atau latihan dasar untuk para pengurus OSIS agar mereka paham tugas pokok dan tanggung jawab yang diembannya.

“Kegiatan ini tentunya akan dipandu oleh instruktur yang sudah berpengalaman. Berbagai materi yang diajarkan mencakup kemampuan siswa dalam kecakapan mental, mampu berbicara di depan orang banyak, mengeluarkan pendapat, hingga pemikiran mengenai seorang pemimpin yang solid dan bijaksana,” tandasnya. (Pendim Kodim 0703 Cilacap).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here