BPPKAD Kabupaten Wonosobo Berikan Penghargaan dan Hadiah Kepada Wajib Pajak

0
30
Foto : Bupati Wonosobo Eko Purnomo yang sedang memberikan hadiah kepada Kepala Desa yang lunas PBB P2 di Gedung kopri Kabupaten Wonosobo, pada kamis (14/11/2019) kemarin. (Andika)

WONOSOBO, BM – Badan Pengelolaan Pendapatan, Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, memberikan penghargaan dan hadiah kepada wajib pajak sebanyak 340 orang, pada Kamis, (14/11/2019), pukul 09.00 WIB kemarin, di Gedung Korpri Kabupaten Wonosobo, yang telah melunasi pembayaran PBB-P2 nya sebelum jatuh tempo.

Dikatakan Kristijadi Kepala BPPKAD Kabupaten Wonosobo, semua Desa/ Kelurahan yang lunas PBB P2 memperoleh penghargaan berupa Piagam dan Uang Penghargaan sesuai perhitungan dan rumus yang telah ditetapkan dengan SK Bupati Wonosobo.

“Sesuai peraturan yang ada, kita telah transfer uang penghargaan tersebut ke rekening masing-masing Kasi Pemerintahan di Kecamatan yang kemudian serahkan pada Kepala Desa atau Lurah terkait, untuk berkoordinasi lebih lanjut dengan Kasi Pemerintahan desa,” terangnya.

Dijelaskannya, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan penghargaan kepada Desa, Keluraha dan Kecamatan yang lunas dalam pembayaran PBB-P2 nya. Serta menjadikan memotivasi Wajib Pajak untuk lunas sebelum  jatuh tempo pembayaran PBB-P2.

“Pemanfaatan bersama baik dalam data dan informasi, guna pengelolaan keuangan daerah yang lebih baik, serta penguatan koordinasi penyelenggaraan pelaksanaan kebijakan pengelolaan keuangan publik dalam pelaksanaan hubungan keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah,”  paparnya.

Dikatakan Kristijadi, hadiah tambahan yang di berikan dari Sponsor PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah Cabang Wonosobo kepada wajib pajak, terdapat beberapa kriteria yang di berikan, sedangkan untuk penghargaan untuk Desa atau Kelurahan yang telah lunas awal 100% mendapatkan hadiah berupa Televisi dengan ukuran 32in dengan Kriteria A, B, C dan D.

Lanjutnya, adapun Kriteria A dengan Ketetapan Pokok Rp 0 hingga Rp. 50 juta, Kriteria B Ketetapan Pokok Rp 50 juta hingga Rp. 100 juta, sedangkan untuk Kriteria C  dengan Ketetapan Pokok lebih dari Rp 100 Juta dan Kriteria D untuk Kelurahan yang telah lunas 100% semuanya diberikan untuk masing-masing tiga Desa atau Kelurahan.

“Penghargaan yang kta berikan untuk Desa atau Kelurahan lunas paling awal 100% , kami berikan hadiah berupa Televisi dengan ukuran 24” untuk 18 Desa. Sedangakan untuk Desa yang lunas 100% pada bulan April 2019 berupa Televisi dengan ukuran 19” pada 12 Desa,” jelasnya.

Ditambahkannya, Penghargaan untuk Kecamatan yang  telah lunas 100% mendapatkan hadiah berupa Laptop untuk 6 Kecamatan, serta piala untuk tiga Kecamatan lunas 100% pembayaran tercepat sebelum jatuh tempo. Sedangkan untuk Wajib Pajak pembayar PBB P2 tercepat dan terpilih berupa Megicom dan Dispenser untuk 20 orang.

Sementara itu, Bupati Wonosobo Eko Purnomo, menegaskan bahwa pengelolaan PBB-P2, sejak tahun 2013, kewenangan pengelolaannya telah diserahkan ke daerah. Oleh karena itu, Ia meminta agar daerah harus berinovasi dan kreatif dalam menggali potensi yang ada, melalui cara intensifikasi, penilaian individu, dan pemutakhiran data secara massal menyesuaikan NJOP.

Karena menurutnya PBB selama ini telah banyak mendukung kelancaran pembangunan daerah, salah satunya sebagai sumber pendapatan Negara, dan dapat mengatur pertumbuhan ekonomi.

“Untuk di Wonosobo sendiri, pemerintah telah memberikan kemudahan bagi masyarakat, untuk membayar PBB-P2 dengan menggunakan system online host to host, dan dapat dibayar secara langsung melalui berbagai chanel pelayanan yang disediakan oleh BPD Jateng,” ungkapnya. (Andika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 + nine =