Database Aceh Selatan akan Berpungsi Calon Penerima Rumah Bantuan

0
88
Kabid Dinas Perkim Aceh Selatan Muchsin yang di Dampingi Stafnya Mengatakan Selama 5 Tahun Akan Ada Program Pembangunan dan Rehabilitasi Rumah Bantuan

Aceh Selatan – Pembaharuan database yang sedang diselesaikan dalam tahun 2019 salah satunya akan dipungsikan untuk calon penerima rumah bantuan di AcehSelatan.

Kabid Perkim Aceh Selatan Muchsin mengatakan pada wartawan diruang kerjanya , Kamis (21/11/2019). Melaui database yang palit pada tahun 2020 akan diprogramkan sebagai data seleksi calon penerima rumah batuan yang tepat sasaran.

Menurut Muchksin, database akan bisa digunakan oleh beberapa instansi terkait baik untuk membangun maupun rehabilitasi rumah.“Masing masing kegiatan mempunyai kriteria, seperti rumah sehat sederhana (RSN) yang dikelola oleh dinas perkim Provinsi Aceh atau Baitulmal dan dinas Sosial”.

Menurutnya, kriteria calon penerima batuan itu berbeda beda dan harus dengan syarat tertentu, seperti bantuan RSN dari dana otsus itu harus mempunyai tanggungan 2 atau 3 orang, kalau sebatang kara itu melalui Baitulmal dan kalau rehabilitasi itu bisa melalui dinas Sosial.

Secara skenario program ini Semuanyaakan jelas dengan database yang akan dijalankan secara bertahab selama 5 tahun kedepan. “Jadi untuk kedepannya tidak ada lagi warga Aceh Selatan terlewatkan yang membutuhkan rumah bantuan”. Sebutnya.

Dalam keterangan Kabid, selama ini di Perkim belum ada database yang  ada cuma data ERTLH dan data terpadu tahun 2015 yang diperbaharui tahun 2019. “Maka kedepan akan kita coba nyusun dengan palit agar dapat digunakan untuk kepentingan bersama”. Paparnya.

Terkait hal itu Muchsin juga mengatakan, untuk menginput dataitu membutuhkan tenaga kerja dari pihak Kecamatan yang akan diambil  databasenyamelalui Keuchik yang ada disetiap Gampong dan seterusnya baru tim kabupaten yang akan kroscek  secara langsung ke lapangan.

“Jadi untuk Aceh Selatan 5 tahun kedepan akan ada proses pembangunan dan rehabilitasi rumah dan program seperti ini sebenarnya sudah lama saya berkeinginan, pada tahun 2020 InsyaAllah bisa dijalankan”. Tambah Muchsin. (MHD/BM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here