‘KAS KOSONG’, RSU CUT MUTIA BERUTANG KEPASIEN

0
1289

Lhoksukon – kas rumah sakit umum Cut Mutia dilaporkan kosong. Akibatnya pasien harus menalangi biaya rujukan transportasi/Ambulance sendiri.
Jika ingin dirujuk ke RSU Zainal Abidin di kota Banda Aceh.

Berdasarkan data yang diterima media ini terlihat pihak Rumah Sakit Umum Cut Mutia dan keluarga pasien menandatangani surat perjanjian. Dalam surat perjanjian tertanggal 13 November 2019 tertulis keluarga pasien bersedia menanggulangi Biaya rujukan sementara transportasi/Ambulance senilai 750 ribu rupiah yang nanti akan dikembalikan setelah dana telah tersedia.
Uang tersebut baru akan dikembalikan setelah pihak rumah sakit mengklem pengunaan anggran ke BPJS Kesehatan.

Kabid penunjang Medik RSUCM Burhanuddin Hanafi.S,Si.,M.Pd melalui sambungan telpon Jumat 29/11/2019 menggakui surat perjanjian tersebut, Ia membenarkan kondisi keuangan RSUCM milik Pemkab Aceh Utara dalam keadaan kosong ” benar surat itu dan kondisi keuangan untuk menanggulangi biaya rujukan untuk transportasi/Ambulance ke RSU Zainal Abidin sedang kosong kadangkala kami harus menggunaka uang pinjaman ditempat lain untuk memberangkatkan pasien”kata Burhanuddin.

Kondisi ini menurut dia terjadi sejak awal November dan kemungkinan sampai akhir tahun ini. pengamprahan terakhir dibayarkan pihak BPJS Kesehatan dibulan Juli sedangkan bulan selanjutnya belum dicairkan oleh pihak BPJS kesehatan.

Ditemui diruang kerjanya humas BPJS kesehatan Cabang Lhokseumawe melalui tim verifikator Rizal “selama ini pihak RSUCM beralasan pembayaran tidak tepat waktu dari BPJS Kesehatan.

Untuk biaya klem dari RSUCM ke BPJS Kesehatan tergantung dari Kantor Pusat. Seharusnya terhitung 15 hari kalender setelah Berkas pengajuan lengkap dari RSUCM tutupnya. (zulkifli)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen − 2 =