Pelaku Resedivis Narkoba Edarkan Sabu 3,4 Gram, Diringkus Sat Resnakoba Polres Semarang

0
144
Foto : Kanit Narkoba Polres Semarang Ipda Hadi Sunaryo saat memberikan keterangan pers di halaman Mapolres Semarang, Jumat (6/12/2019). (Dhani Khotibul Umam)

UNGARAN, BM – Sat Resnarkoba Polres Semarang berhasil menangkap satu orang pelaku pengedar sabu-sabu bernama Ferdian Dona Saputra (30), warga Perum Cindelaras Permai, RT 05, RW 08, Desa Karangtengah, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Pelaku yang ternyata seorang Resedivis dalam kasus yang sama.

Kanit Narkoba Polres Semarang Ipda Hadi Sunaryo mengatakan, pelaku diringkus petugas saat akan melakukan transaksi sabu-sabu. Penangkapan tersangka berdasarkan dari pengembangan terhadap tersangka Dwi Putranto yang sebelumnya berhasil diringkus petugas Reserse Narkoba Polres Semarang.

“Dari tangan pelaku kita berhasil menemukan barang bukti sabu 3,4 gram sabu-sabu serta alat timbang elektrik yang digunakan pelaku untuk menimbang sabu-sabu,” paparnya pada wartawan dalam konfrensi pers di Mapolres Semarang, Jumat (6/12/2019).

Dijelaskannya, berawal dari handphone milik tersangka Dwi Putranto tersebut, pihaknya memiliki kecurigaan pada phonebook pelaku yang bernama Dona.

Diketahui, nama Dona dalam phonebook Tersangka Dwi adalah pelaku Ferdian Dona Saputra yang sudah tiga kali masuk dalam penjara dengan kasus yang sama.

“Kita sudah mencurigai pada pelaku sebelumnya, karena masih ada satu orang pelaku lainnya yang berperan, hal hasil kami dapat menangkap pelaku pengdar dari keterangan Dwi setelah kita lakukan pemeriksaan secara intensif,” terangnya.

Lanjutnya, usai mendapatkan keterangan dari tersangka, pihaknya langsung melakukan penangkapan pada pelaku Dona tersebut di daerah macanan, karang tengah, Tuntang.

“Namun pada saat penangkapan, petugas tidak menemukan barang bukti. Setelah dilakukan pemeriksaan pada Dona, pelaku akhirnya mengakui menyimpan barang narkoba jenis sabu-sabu di rumahnya,” ungkapnya.

Ditambahkannya, saat dilakukan penggeledahan, sat Resnakoba Polres Semarang berhasil mendapatkan barang bukti dari rumah pelaku Dona. Barang bukti tersebut satu paket sabu seberat 0,7 gram dan empat paket sabu seberat 2,75 gram, dengan total berat sekitar 3,4 gram lebih.

“Selain barang bukti sabu-sabu, kami juga menyita timbangan elektrik dan handphone dari tangan pelaku. Selain pelaku Dona dan Dwi, kami masih memburu satu pelaku bernama Leo dan sudah kami masukkan dalam Daftar Pencarian Orang,” pungkasnya.

Pelaku saat ini ditahan di Mapolres Semarang dan pelaku dijerat Pasal 114 ayat (1) dan atau Pasal 112 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman minimal empat tahun penjara dan maksimal hukuman mati. (Umam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here